NOC Indonesia dan IOA Sepakat Mendorong Perubahan Mindset Pelaku Olahraga

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 Juni 2022
NOC Indonesia dan IOA Sepakat Mendorong Perubahan Mindset Pelaku Olahraga
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menerima pengurus IOA yang diketuai oleh Yayuk Basuki. (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Komite Olimpiade (NOC) Indonesia bersama Asosiasi Olympian Indonesia (IOA) mendorong adanya perubahan mindset dari para atlet demi sebuah prestasi. Hal tersebut dinilai penting demi masa depan olahraga Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, setelah menerima audiensi pengurus IOA 2022-2026 yang diketuai oleh legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki.

Yayuk menghadap Raja Sapta Oktohari bersama para pengurus IOA, antara lain Taufik Hidayat, Wailan Walalangi, Akbar Nasution, Lieng Lieng Agustin, Dedek Erawati, Shenny Ratna Amelia, Juanda Wangsa Putri, Emma Tahapry, dan Nurfitriyana Saiman.

"IOA ini merupakan bagian dari NOC Indonesia. Kami tidak bisa lepas dari IOA karena memang misi kami di setiap penyelenggaraan Olimpiade adalah menambah atlet ke Olimpiade. Itu artinya, kami juga memberikan anggota baru kepada IOA pada setiap Olimpiade,” kata Raja Sapta Oktohari.

(Foto: NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)



IOA merupakan asosiasi Olympian Indonesia. Olympian atau OLY adalah status yang disematkan khusus bagi atlet-atlet yang pernah berkompetisi di panggung Olimpiade.

Sampai saat ini Indonesia memiliki 335 atlet anggota IOA. Supaya anggota IOA dari Indonesia terus bertambah, Raja Sapta Oktohari menilai pentingnya perubahan pola pikir para atlet saat akan menghadapi event besar seperti Olimpiade.

Okto menjelaskan, Indonesia memang sudah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON sebagai panduan dasar mempersiapkan tim dan atlet ke Olimpiade. Namun, DBON harus didukung oleh perubahan enam hal utama, mulai dari atlet, pelatih, wasit, turnamen, venue, dan organisasi.

"Kita tidak boleh jago kandang. Sudah saatnya organisasi olahraga Indonesia ini aktif di kontinental dan internasional. Kita tak boleh jadi follower, kita harus menjadi regulator,” ujar Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IOA, Yayuk Basuki, menyampaikan apresiasi terhadap Raja Sapta Oktohari dan jajarannya. Menurutnya, IOA harus selalu berjalan beriringan dengan NOC Indonesia.

"IOA ini kan juga ranahnya internasional, sehingga kami harus memperkuat sinergi dengan NOC Indonesia. Apa yang menjadi misi NOC, kami bisa dilibatkan untuk berjalan bersama. Aspirasi-aspirasi dari kami juga sejalan dengan NOC Indonesia,” tutur peraih lima emas Olimpiade tersebut.
Komite olimpide indonesia Raja Sapta Oktohari Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan