BolaSkor.com - Bagi pencinta MotoGP modern, mungkin Valentino Rossi sudah bagaikan dewa. Tak sedikit yang mengikuti ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu berkat Rossi.

Memasuki usia 41 tahun, nyatanya Rossi masih beraksi di lintasan balap MotoGP. Edisi 2020 merupakan musim ke-20 pembalap berjuluk The Doctor itu membalap di MotoGP.

Selama itu pula tujuh gelar juara dunia MotoGP menjadi milik pembalap yang akrab dengan nomor 46 tersebut. Rossi pertama kali memenangi MotoGP pada 2001 dan terakhir pada 2009.

Baca Juga:

Marc Marquez Tak Anggap Valentino Rossi sebagai Lawan Tersulit

Ikuti Social Distancing, Fabio Quartararo Merasa Jemu

Masa kejayaan Rossi adalah saat dia memutuskan pindah ke Yamaha pada 2004. Total empat gelar MotoGP menjadi milik Rossi saat menunggangi YZR-M1.

Akan tetapi, mungkin banyak yang lupa bahwa sebelum bergabung dengan Yamaha, Rossi juga menuai kejayaan bersama Honda. The Doctor memenangi tiga gelar MotoGP beruntun bersama Honda.

Di tengah penangguhan MotoGP akibat virus corona, mari mengenang tiga gelar MotoGP Rossi kala menunggangi RC211V milik Honda. Berikut ini adalah ulasannya.

MotoGP 2001

valentino rossi
Valentino Rossi

Ini menjadi musim kedua Rossi di MotoGP. Pada musim pertamanya, Rossi butuh sembilan balapan untuk meraih kemenangan. Pada akhirnya, dia meraih peringkat kedua di musim debutnya.

Memasuki musim kedua, Rossi mendominasi MotoGP dengan meraih 11 kemenangan dan hanya tiga kali gagal masuk podium. Meski demikian, The Doctor selalu bangkit setelah menuai hasil mengecewakan.

Pada akhirnya, Rossi memenangi gelar MotoGP perdananya pada musim kedua beraksi di ajang tesebut. Total, Rossi mengumpulkan 325 poin, unggul 106 angka dari Max Biaggi di peringkat kedua.