BolaSkor.com - Kiper Liverpool, Alisson Becker membuat publik terhenyak setelah menciptakan gol kemenangan di laga kontra West Bromwich Albion, kemarin (16/5) malam.

Dalam kondisi imbang 1-1, kiper asal Brasil tersebut memutuskan maju ke depan dalam situasi tendangan sudut di menit tambahan waktu kelima babak kedua. Trent Alexander-Arnold lantas melayangkan bola ke kotak penalti yang dituntaskan Alisson dengan sebuah tandukan terukur.

Sontak penggawa The Reds lainnya langsung mengerubungi sang pahlawan kemenangan. Kiper berusia 26 tahun tersebut tak mengira dirinya bakal mendapatkan bola dari rekannya.

Aksi heroik Alisson tersebut rupanya pernah terjadi di Indonesia, walaupun bukan terjadi di kompetisi tertinggi Liga 1. Berikut dua nama yang pernah melakukan hal serupa.

Baca Juga:

3 Pemain Malaysia yang Berkiprah di J League

4 Pemain Vietnam Pernah Bermain di J League, Ada Messi Asia Tenggara

1. Gerri Mandagi

Gerri Mandagi
Gerri Mandagi. (LIB)


Catatan hebat ini dilakukan Gerri Mandagi saat masih meperkuat Persiba Balikpapan pada 2016 lalu. Kala itu tim berjuluk Beruang Madu tersebut mengikuti turnamen Piala Gubernur Kalimatan Timur. Menghadapi tim PON Kaltim pada laga kedua, Persiba bermain 0-0 selama waktu normal.

Kiper yang kini membela Persipura Jayapura tersebut lantas ikut maju ke depan di masa tambahan waktu. Dan sama seperti Alisson dirinya menciptakan gol lewat tandukan kepala dan memberikan kemenangan bagi Persiba.

Persiba sendiri gugur di fase enam besar yang berjalan dengan sistem trofeo menghadapi dua tim lain. Mereka harus rela membiarkan tiket ke perebutan tempat ketiga kepada Arema Cronus sementara tiket final jatuh kepada Madura United.

2. M. Ihsan Ramadhani

M. Ihsan Ramadhani
M. Ihsan Ramadhani. (Istimewa)


M. Ihsan Ramadhani yang membela Persipa Pati di musim 2019, mampu mencetak gol saat menghadapi Persipur Purwodadi dalam lanjutan kompetisi Liga 3. Seperti halnya Alisson, dirinya ikut maju ke depan dan mendapat kesempatan menendang bola. Tidak ada yang menyangka sepakan voli kaki kirinya berhasil merobek gawang Persipur dan memaksa skor berakhir imbang 2-2.

Namun, itu bukanlah gol pertama yang diciptakan Ihsan. Ketika masih berseragam PSCS Cilacap pada 2018 lalu, dia juga berhasil menciptakan dua gol dari titik putih. Kepiawaiannya dalam mengeksekusi penalti bahkan disandingkan dengan kiper legenda Brasil, Rogerio Ceni. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)