BolaSkor.com - 10 Juli 2018, bak petir di siang bolong Juventus memberikan kado spesial untuk fans mereka dengan keberhasilan merekrut megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Transfer itu tak diduga datangnya. Meski desas desus transfer sudah tercium kala Andrea Agnelli, Presiden Juve bergerak menemui langsung Ronaldo yang tengah berlibur di Yunani pasca menyelesaikan musim 2017-18 dengan Real Madrid.

Agnelli bekerja sama dengan Fabio Paratici dan CEO Juve yang kini berada di Inter Milan, Giuseppe Marotta, dalam merampungkan megatransfer tersebut. Tak ayal sepanjang musim panas 2018 sebagian besar kabar transfer dihiasi pemberitaan Juventus.

Sedari awalnya hanya rumor transfer lalu terus berkembang menjadi kenyataan seiring kedatangan Ronaldo yang disambut ratusan fans Juventus, tes medis, hingga transfernya rampung pada nominal 100 juta euro.

Baca Juga:

Tua-tua Keladi, Ibrahimovic dan Ronaldo Tetap Tajam meski Telah Berusia 30 Tahun Lebih

7 Fakta Menarik Hasil Undian Perempat Final Liga Champions: Cristiano Ronaldo Berpotensi Jumpa Real Madrid

Perbandingan 700 Gol Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

"Sekarang dia (Ronaldo) bersama kami, tim terkuat di dunia kedatangan pemain terkuat di dunia," tutur John Elkann, pemegang saham Juventus pada 2018.

"Ini memberi saya kesenangan luar biasa bukan hanya untuk melihat betapa mudahnya dia memakai kaus Bianconeri, tetapi melihat betapa sempurnanya dia berintegrasi dengan pemain-pemain lain."

Usianya kala datang tak lagi muda (33 tahun), namun hal ini tak jadi masalah karena pemain yang dibicarakan adalah Cristiano Ronaldo: peraih lima Ballon d'Or, lima titel Liga Champions, Piala Eropa, yang sudah menjadi legenda Manchester United dan Real Madrid.

Ronaldo tetaplah Ronaldo dengan sisi ambisius dan profesionalisme yang sangat tinggi. Usianya sudah berkepala tiga lebih tapi tim medis Juventus menilai kekuatan fisik Ronaldo bak pemain yang berusia 27 atau 28 tahun.

Rivalitasnya dengan Lionel Messi, megabintang Barcelona masih terus dibicarakan meski keduanya sudah tak bertemu lagi di satu liga. Rekor demi rekor pun dipecahkan Ronaldo selama dua tahun terakhir dengan Juventus.

Cristiano Ronaldo

Titel Serie A 2018-19 dan Piala Super Italia 2018 menambah koleksi trofi yang sudah diraih produk akademi Sporting Lisbon itu. Keuntungan Juve dari segi penjualan merchandise dan jersey Ronaldo nomor 7 meningkat drastis.

Secara tidak langsung kehadiran Ronaldo menjadikannya magnet sepak bola Italia, tim-tim lain turut menjadi kompetitif atas kehadirannya. Ronaldo jadi pembelian termahal Juventus sejauh ini dan rekor masih terus dipecahkannya sampai saat ini.

Teranyar, Ronaldo menjadi pemain pertama setelah Omar Sivori yang dapat mencetak 25 gol untuk Il Bianconeri di satu musim Serie A. Sivori melakukannya pada musim 1960-61. Ronaldo juga berpeluang membawa Juventus meraih Scudetto untuk kesembilan kali beruntun.

Terlepas dari alasan kepergiannya dari Madrid yang sudah dibela selama sembilan tahun untuk mencari tantangan baru, plus Florentino Perez (Presiden Madrid) tak lagi memprioritaskannya di Madrid, Ronaldo tetap menjadi buah bibir di Eropa meski tak lagi bermain di sana.

Salah satu hal yang selalu dibahas mengenai Cristiano Ronaldo adalah pemecahan rekor. Menilik informasi dari Opta berikut sejumlah rekor yang telah dipecahkan Ronaldo:

1. Ronaldo telah mencetak gol melawan 20 dari 21 tim yang sudah dihadapi di kompetisi sejauh ini. Lecce menjadi korban ke-20.

2. Total 58 gol Ronaldo untuk Juve datang dari 82 penampilan.

3. 47 gol di Serie A mengartikan dia sudah jadi top skor dalam sejarah sepak bola Italia yang berasal dari Portugal. Sejak awal musim 2018-19, Ronaldo ada di urutan empat top skor liga-liga top Eropa di belakang Messi (58 gol), Robert Lewandowski (56 gol), dan Kylian Mbappe (51 gol).

4. Untuk ke-10 kali dalam kariernya Ronaldo melewati 25 gol di musim liga. Tak ada pemain yang menyamainya - Messi juga 10 kali.

5. Untuk ke-11 kalinya Ronaldo mencetak 30 gol di seluruh kompetisi selama semusim.

6. Tak ada pemain di liga-liga top Eropa yang punya jumlah tendangan melebihi Ronaldo selama dua musim terakhir. Hanya Messi (153 tendangan) yang memilikinya lebih dari 133 tendangan tepat sasaran Ronaldo.

7. Ronaldo punya rata-rata poin 5,5 tendangan per laga untuk Juventus, turun dari 6,3 di Madrid.

8. Cristiano Ronaldo Menciptakan 122 peluang dan total assists (sejak datang) 15. Itu rata-rata 1,5 poin per laga.