BolaSkor.com - 2 Juni 1991 akan menjadi tanggal yang selalu diingat oleh pencinta NBA. Bagaimana tidak, hari itu adalah duel dua pebasket andal dengan inisial sama, MJ, pada final NBA.

Pertama adalah Magic Johnson, yang masuk ke final NBA tanpa Kareem Abdul Jabbar untuk pertama kalinya. Rekan sehatinya di atas lapangan sudah pensiun dua tahun sebelumnya.

Sepeninggal Kareem, Magic dan Los Angeles Lakers kesulitan lolos ke final NBA. Pada tahun sebelumnya, mereka terhenti pada semifinal wilayah barat dari Phoenix Suns.

Pada NBA 1990-1991, Magic sukses memimpin Lakers memenangi wilayah barat NBA. Mereka menang 3-0 atas Houston Rockets, 4-1 kontra Golden State Warriors, dan 4-2 melawan Portland Trail Blazers.

Baca Juga:

Eks Rekan LeBron James Terlibat Pemukulan saat Protes George Floyd

Michael Jordan Buka Suara soal Kekerasan terhadap George Floyd

Magic Johnson vs Michael Jordan

Sementara di wilayah timur, Phil Jackson memasuki musim keduanya bersama Chicago Bulls. Dengan berpusat ke Michael Jordan, akhirnya mereka sukses lolos ke final NBA.

Dua musim sebelumnya, Jordan dan Bulls selalu lolos ke final wilayah timur NBA. Namun, mereka kalah dari lawan yang sama beruntunan, Detroit Pistons.

Baru pada NBA 1990-1991 lah, Jordan akhirnya sukses menaklukkan Pistons dan melaju ke final NBA. Di sana, Bulls ditunggu oleh Lakers dengan Magic-nya.

Duel pertama kedua tim berlangsung pada 2 Juni 1991. Pertandingan antar pemain dengan inisial nama MJ tersebut digelar di markas Bulls, Chicago Stadium.