BolaSkor.com - Dunia maya sempat gegar saat pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) menyulut kemarahan masyarakat Indonesia. Opening ceremony yang berlangsunng meriah ternoda dengan insiden salah pasang bendera Indonesia.

Panitia pelaksana melakukan kelalaian saat mencetak buku panduan pembukaan SEA Games 2017. Di buku tersebut, bendera Indonesia yang sedianya Merah Putih menjadi terbalik.

Insiden tersebut menyulut kemarahan publik. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, sampai angkat suara.

“Pembukaan SEA Games 2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita...Merah Putih. Astagfirullah," kicau Imam di akun Twitternya @imam_nahrawi.

Tak berhenti sampai protes Imam, Indonesia bahkan sampai memberikan sikap tegas lewat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani. Ia meminta tiga hal kepada pemerintah Malaysia.

Baca Juga:

Sesmenpora: Indonesia Tak Mungkin Juara Umum di SEA Games 2019

Bukan Hanya Medali Emas, Ternyata Eko Yuli Punya Misi Lainnya di SEA Games 2019

Puan meminta pemerintah Malaysia mengeluarkan permintaan maaf secara tertulis. Setelah itu, Puan meminta buku panduan yang sudah dibagikan, ditarik.

“Kemenlu dan Kemenpora sudah menyampaikan protes keras dan juga memberi pernyataan supaya kesalahan itu diperbaiki. Untuk event sebesar ini, sengaja atau tidak, hal seperti itu harus segera diperbaiki," kata Puan.

“Komunikasi sudah dilakukan secara informal, tapi karena ini berkaitan dengan simbol Indonesia, maka harus ada komunikasi secara resmi. Kami semua masih di sini (Menko PMK, Menpora dll), maka kami menunggu permintaan maaf secara tertulis dari pemerintah Malaysia untuk menindaklanjuti insiden ini," ujar Puan.

Letak bendera Indonesia terbalk ada di halaman 80 buku panduan pembukaan SEA Games 2017. Posisi bendera Indonesia bersebelahan dengan Malaysia.

“KOI dan Kemenpora akan menyampaikan keberatan secara tertulis. Kemenlu juga sudah menyampaikan sikap keberatan kepada pemerintah Malaysia. Saya harap kecerobohan seperti ini jangan dianggap sepele. Tapi saya juga tak mau menanggapi secara emosi, semoga dikoreksi segera mungkin,” tutur Puan.

Dalam posisinya, letak bendera tersebut menandakan negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bawah bendera Indonesia yang terbalik, tercetak jelas jumlah tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Anehnya, kesalahan mencetak bendera hanya dialami Indonesia. Selain di halaman 80, bendera Indonesia terbalik juga tercetak di halaman 34.