Nostalgia - Kelompok Suporter Pertama Persija Sebelum Jakmania

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 07 Desember 2020
Nostalgia - Kelompok Suporter Pertama Persija Sebelum Jakmania
The Jakmania. (BolaSkor.com/Hadi Febiansyah)

BolaSkor.com - Siapa yang tidak kenal The Jakmania, suporter fanatik milik Persija Jakarta yang muncul pada periode 1999. Namun sebelum The Jakmania, ternyata Persija memiliki suporter lain yang lebih dulu berdiri. Mereka adalah Persija Fans Club (PFC).

Dikutip dari laman resmi Persija, PFC sejatinya sudah ada sejak Persija bermain di era 1980-an saat Macan Kemayoran menembus final kompetisi Perserikatan PSSI 1988. Namun, PFC baru resmi berdiri pada Selasa, 29 November 1994.

Berlokasi di restoran Satay House Senayan, Menteng, Ketua Umum Persija, Ir. Todung Barita Lumbanraja M.Sc. saat itu meresmikan berdirinya PFC yang berisikan beberapa artis kenamaan Ibu Kota tersebut.

Sebut saja seperti Dicky Zulkarnaen, Ikang Fawzi, Chintami Atmanegara, Reynold Panggabean, Renny Jayusman, Jelly Tobing, dan Oddie Agam.

Baca Juga:

Marc Klok, Perjuangan buat Indonesia Sehat dan Sejahtera

Marco Motta: Mengapa Kompetisi Sulit Bergulir Kembali?

Bahkan, saat peresmiannya saja, Gabungan Artis Nusantara (GAN) hadir dalam acara tersebut, seperti Camelia Malik, Sys NS, Harry Capri, dan Gusti Randa datang untuk meramaikan peresmian PFC.

Tidak lupa pada saat itu acara peresmian PFC juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, M. Idrus dan Wali Kota Jakarta Pusat, A.Kahfi. Saat itu anggota PFC hanya sekitar 1000 orang saja.

The Jakmania. (Media Persija)

Kelompok itu diresmikan saat pertama Persija akan melakukan persiapan Liga Indonesia musim perdana 1994/1995. Menurut Todung Barita, selain mematangkan persiapan teknis tim, Persija juga membutuhkan dukungan dari warga Jakarta.

PFC langsung hadir saat Persija menjalani laga pertama melawan Warna Agung di Stadion Cendrawasih, Jakarta Barat. Sayangnya Persija harus menyerah 0-2 oleh tuan rumah Warna Agung. Meski begitu, mereka terus mendukung Persija. Saat bertemu Bandung Raya, PFC hadir pada salah satu sudut Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Ya benar saat itu dukungan Persija sudah walaupun tidak semasif Jakmania saat ini. Saya dengan beberapa artis sering sekali menyaksikan laga Persija baik di Stadion Menteng maupun GBK,” ujar Jelly Tobing, dikutip dari Persija.id.

Jika melihat jauh kembali ke belakang, saat Persija masih bernama Voetbalbond Indonesia Jacatra (VIJ), sudah mendapatkan dukungan oleh kelompok pendukung bernama VIJers. Pada Harian Merdeka 13 Februari 1976, total suporter aktif berjumlah 2.346 orang.

Nostalgia Persija jakarta Liga 1 Breaking News The jakmania
Posts

4.871

Bagikan