BolaSkor.com - 21 September 1991 menjadi saksi sejarah lahirnya tim olahraga yang disebut-sebut terkuat sepanjang masa. Federasi Basket Amerika Serikat mengumumkan pembentukan timnas untuk Olimpiade 1992.

Olimpiade 1988 meninggalkan sejarah kelam bagi timnas basket Amerika Serikat. Bukan tanpa alasan, mereka menerima hasil terburuk sepanjang sejarah keikutsertaan di ajang empat tahunan itu.

Sebelum 1992, FIBA hanya mengizinkan pebasket amatir untuk berlaga di Olimpiade. Artinya, setiap negara hanya bisa menggunakan pebasket universitas atau non profesional.

Dream Team

Akan tetapi, Amerika Serikat kalah dari Uni Soviet pada Olimpiade 1988. Menariknya, terdapat tuduhan Uni Soviet menggunakan pemain profesional di kejuaraan tersebut.

Alhasil, setelah Olimpiade 1988, FIBA mengadakan pertemuan dengan asosiasi basket dari setiap negara. Mereka mempertimbangkan untuk mengizinkan pemain profesional tampil di Olimpiade.

Setelah diadakan pemungutan suara, hasilnya mayoritas meminta FIBA untuk memperbolehkan pemain profesional tampil di Olimpiade. Aturan baru itu akan diimplementasikan pada Olimpiade 1992.

Amerika Serikat tentu menjadi negara yang paling diuntungkan dari perubahan aturan tersebut. Pasalnya dengan demikian para pemain NBA bisa berlaga di Olimpiade.

Setelah itu, Amerika Serikat pun mulai mengumpulkan pemain dalam membentuk tim. Adalah Sports Illustrated yang pertama kali menyebutnya sebagai Dream Team pada edisi Februari 1991.

Terdapat 10 pemain yang pertama kali diumumkan sebagai anggota Dream Team. Chicago Bulls dan Utah Jazz menjadi penyumbang paling banyak saat itu.