BolaSkor.com - Indonesia merupakan negara yang sangat kuat di cabang olahraga bulu tangkis ajang SEA Games. Setiap edisinya, pebulu tangkis Tanah Air selalu bisa meraih medali emas.

Terhitung sejak mengikuti SEA Games 1977, Indonesia setidaknya bisa meraih satu emas pada setiap edisinya. Dalam beberapa momen, Indonesia bahkan bisa sapu bersih medali di semua nomor yang dipertandingkan.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Jadwal Pertandingan, Klasemen Medali, dan Potensi Emas, Rabu (4/12)

SEA Games 2019: Kali Pertama dalam 12 Tahun, Tim Bulu Tangkis Indonesia Berpeluang Kawinkan Gelar

Momen ini kali terakhir terjadi pada tahun 2007. Kala itu, baik tim beregu putra maupun putri sama-sama meraih kemenangan di partai final.

Markis Kido/Hendra Setiawan
Markis Kido/Hendra Setiawan (Zimbio)

Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 3-0 di kategori putra. Sementara untuk sektor putri, berhadapan dengan lawan yang sama, Indonesa unggul tipiss 3-2.

Saat mulai melombakan nomor sektor individu, Indonesia kembali berjaya. Dimulai sektor tunggal putra di mana Taufik Hidayat meraih emas saat mengalahkan pebulu tangkis Singapura, Kendrick Lee: 21-15, 21-19.

Kemudian dari sektor ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan juga berjaya. Dia mengandaskan pasangan Singapura berdarah Indonesia: Hendra Wijaya/Hendri Kurniawan Saputra: 21-17, 21-12.

Dominasi Indonesia berlanjut di sektor tunggal putri. Bagaimana tidak, terjadi All Indonesian Finals antara Firdasari Adriyanti melawan Maria Kristin. Dalam duel ini, Maria Kristin keluar sebagai juara dengan skor 21-16-21-15.

All Indonesian Finals juga berlaku untuk sektor ganda putri. Liliyana Natsir/Vita Marissa menang dua gim langsung atas Jo Novita/Greysia Polii lewat skor 21-15, 21-14.

Vita Marissa bahkan akhirnya mendapat emas lainnya pada sektor ganda campuran. Berpasangan dengan Flandy Limpele, keduanya mempermalukan pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam: 21-14, 21-15.

Sayangnya pencapaian tahun 2007 dipastikan tidak akan terulang pada SEA Games 2019. Pasalnya di sektor beregu putri, Selasa, Fitriani dan kawan-kawan gagal mengalahkan Thailand.

Alhasil Indonesia masih harus menunggu sampai SEA Games 2021 untuk bisa mengulang pencapaian tahun 2007.*