Nostalgia - Ketika Italia Hentikan Kejutan Bulgaria di Piala Dunia 1994

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 23 Maret 2021
Nostalgia - Ketika Italia Hentikan Kejutan Bulgaria di Piala Dunia 1994
Italia Vs Bulgaria (90min)

BolaSkor.com - Italia akan bertamu ke markas Bulgaria pada Matchday ke-2 Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Vasil Levski National Stadium, Minggu (29/3). Kedua tim memiliki sejarah persaingan di masa lalu.

Ini bukan pertemuan pertama antara Italia kontra Bulgaria. Pada Piala Dunia 1994, Italia pernah menghentikan Bulgaria pada babak semifinal. Saat itu, Bulgaria menjadi tim yang mengejutkan.

Bulgaria muncul sebagai kuda hitam pada Piala Dunia 1994. Diperkuat pemain-pemain seperti Krasimir Balakov, Trifon Ivanov, Velko Yotov, Emil Kostadinov, dan penggawa Barcelona, Hristo Stoichkov, tak banyak yang menyangka Bulgaria bisa berbicara banyak.

Bulgaria bergabung di Grup D bersama Nigeria, Argentina, dan Yunani. Di atas kertas, sulit untuk Bulgaria melangkah ke fase gugur.

Pada pertandingan pertama kontra Nigeria, skuad asuhan Dimitar Panev itu menelan kekalahan telak tiga gol tanpa balas. Tak pelak, Bulgaria semakin dipandang sebelah mata.

Baca juga:

Paolo Rossi, Juara Dunia yang Berdosa Milik Italia

Banyak Pemain Muda Gemilang, Roberto Mancini Justru Pusing

Generasi Emas Italia di Bawah 21 Tahun, Penggawa Inter Mendominasi

Italia Vs Bulgaria

Namun, pada matchday ke-2, Bulgaria bangkit. Lavovete menggulung Yunani 4-0. Hristo Stoichkov menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol dari titik putih. Sementara itu, dua gol lainnya menjadi milik Iordan Letchkov dan Daniel Borimirov.

Pada laga penentuan melawan Argentina, sensasi Bulgaria semakin terasa. Bulgaria yang tertekan justru unggul 2-0 berkat gol Hristo Stoichkov dan Nasko Sirakov. Dengan hasil tersebut, Bulgaria menempati posisi kedua dan berhak lolos ke babak berikutnya.

Pada fase 16 besar, Bulgaria kebagian lawan Meksiko. Laga dilangsungkan di Giants Stadium, pada 5 Juli 1994.

Duel harus ditentukan melalui tendangan penalti setelah sebelumnya sama kuat 1-1. Gol Stoichkov disamakan penalti Garcia Aspe.

Pada babak tos-tosan, Bulgaria tampil meyakinkan. Mereka menang pada babak tendangan penalti dengan skor 3-1.

Pada babak perempat final, Bulgaria menantang Jerman. Kali ini, sejumlah kalangan yakin keajaiban Bulgaria akan terhenti.

Timnas Italia Timnas bulgaria Breaking News Kualifikasi Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.507

Bagikan