Nostalgia - Ketika New York Knicks Terakhir Kali Jadi Juara NBA, 47 Tahun Silam

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 10 Mei 2020
Nostalgia - Ketika New York Knicks Terakhir Kali Jadi Juara NBA, 47 Tahun Silam
Final NBA 1973 (nba)

BolaSkor.com - Tanggal 10 Mei menjadi momen spesial bagi New York Knick. Karena pada tanggal ini, pada tahun 1973, New York Knicks dinobatkan sebagai kampiun NBA. Akan tetapi, setelah itu Knick kemudian berpuasa gelar hingga saat ini.

Knicks menjadi juara NBA 1973 setelah mengalahkan Los Angeles Lakers 103-98 dalam gim kelima di markas lawan. Knicks meraih trofi dengan keunggulan 4-1. Bagi Knicks sukses ini sekaligus menunaikan pembalasan mereka yang takluk di final tahun sebelumnya oleh lawan yang sama.

Menjadi juara NBA 1973 menjadi sejarah besar bagi Knicks. Tidak heran jika ada enam pemain yang membawa Knicks juara tersebut kemudian masuk ke dalam Hall of Fame NBA. Nama-nama seperti Jerry Lucas, Bill Bradley, Walt Frazier, Earl Monroe, Dave DeBusschere, dan Willis Reed.

Baca Juga:

Pasca Virus Corona, Tiga Tim NBA Bakal Gelar Latihan

Nostalgia: Hakeem Olajuwon yang Tetap Puasa Ramadan di Hari Pertandingan NBA

Dalam roster 1973 tersebut juga terdapat Phil Jackson, yang belakangan lebih dikenal lewat sentuhan dinginnya sebagai pelatih yang sukses meraih 11 cincin juara NBA.

"Kami punya banyak pejuang dalam tim," kata Reed mengenang dikutip dari MSG Networks 2013 silam.

"Kami punya sederet pemain yang sudah membuktikan diri sebagai sosok top NBA. Ketika melihat satu sama lain di ruang ganti, kami paham mereka adalah ksatria," ujarnya lagi.

Reed merupakan MVP Final 1973. Prestasi yang membuatnya menjadi pebasket pertama yang dua kali memenangi penghargaan yang baru mulai dianugerahkan pada 1969 tersebut.


Nyaris Lima Dekade Puasa

Tepat hari ini 47 tahun lalu Knicks memenangi gelar juara NBA kedua dan terakhir mereka. Setelah itu Knicks tidak pernah lagi menjadi kampiun hingga kini atau hampir lima dekade. Pencapaian terbaik Knikcs setelah itu adalah dua kali menjadi juara Wilayah Timur pada 1994 dan 1999.

Bagi tim seperti Knicks yang berasal dari kota sebesar New York, raihan dua trofi NBA tentunya menjadi catatan yang tak terlalu mentereng. Apalagi Knicks merupakan satu dari dua franchise original ketika BAA, yang merupakan cikal bakal NBA, didirikan pada 1946. Selain itu, New York hingga kini masih merupakan pasar terbesar di kancah olahraga AS.

Pencapaian Knicks sangat mencolok jika dibandingkan dengan Boston Celtics, tim yang juga tidak pernah pindah kota sejak berdiri. Celtics merupakan pemegang rekor jumlah gelar juara NBA terbanyak dengan 17 trofi. Ketika Knicks pertama kali juara NBA pada 1970, Celtics sudah punya koleksi 11 trofi. Sejak terakhir kali Knicks juara pada 1973, Celtics sudah enam kali juara.

Dalam perjalannya, berbagai upaya dilakukan Knicks untuk kembali berjaya, namun selalu gagal. Bahkan pelatih sekaliber Pat Riley dan Phil Jackson pun tidak mampu mengubah nasib Knicks.

Musim ini Knicks cuma membukukan 21 kemenangan dan 45 kekalahan dan tipis harapan untuk meraih tiket playoff dari Wilayah Timur, sebelum kompetisi ditangguhkan karena pandemi COVID-19.

Jika melihat performa Knicks, rasanya publik New York masih akan berpuasa juara hingga lebih dari lima dekade setelah terakhir kali mereka juara.

NBA Nostalgia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.079

Bagikan