BolaSkor.com - Status Dennis Bergkamp sebagai salah sau legenda terbesar Arsenal tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan sosok penting di balik kesuksesan The Gunners pada era Arsene Wenger.

Bergkamp tiba semusim lebih dulu dibanding Wenger. Ia menjadi rekrutan perdana Arsenal pada musim panas 1995 ketika ditangani Bruce Rioch.

Arsenal harus mengeluarkan dana sebesar 7,5 juta poundsterling untuk memboyong Bergkamp dari Inter Milan. Sebuah angka yang cukup besar pada masa itu.

Keraguan sempat mengiringi kedatangan Bergkamp di Highbury. Bukan apa-apa, ia baru saja menjalani musim yang kurang baik di Italia.

Baca Juga:

Nostalgia - Final Piala Eropa 1976, Lahirnya Penalti Panenka, dan Kisah di Baliknya

Nostalgia - Drama Korea Ahn Jung Hwan dan Kontroversi Byron Moreno di Piala Dunia 2002

Piala Dunia 2014, Gol Bersejarah Van Persie, dan Akhir Era Tiki-Taka Spanyol

Bergkamp hanya mencetak tiga gol dan satu assist sepanjang musim 1994-1995. Bukan catatan yang baik untuk seorang penyerang.

Bergkamp juga mengawali kiprahnya di Arsenal dengan kurang baik. Ia tak bisa mencetak gol dalam tujuh laga perdananya.

Namun mantan pemain Ajax Amsterdam itu mampu menjawab keraguan secara perlahan. Pada musim perdana membela Arsenal, ia sukses mencetak 16 gol dari 43 pertandingan.

Kontribusi Bergkamp untuk Arsenal semakin terasa sejak datangnya Wenger pada musim panas 1996. Manajer berkebangsaan Prancis itu tahu betul cara memaksimalkan potensinya.

“Sungguh beruntung menemukan Dennis sudah ada di skuat ketika saya tiba di Arsenal. Anda tak akan menemukan pemain seperti dia di mana pun," kata Wenger.

"Dennis adalah orang pertama yang memajukan Arsenal ke zaman modern. Dia melakukan segalanya dengan otak dan perhitungan eksak."

Torehan gol Bergkamp terus meningkat sejak Arsenal ditangani Wenger. Namun kontribusinya tidak hanya dihitung dari angka-angka statistik.

Bergkamp merupakan salah satu pesepak bola tercerdas yang pernah ada. Untuk membuktikannya, silahkan anda lihat cuplikan gol yang dicetaknya ke gawang Newcastle United pada tahun 2002.

Gol tersebut sudah cukup menggambarkan kualitas seorang Bergkamp. Ia memiliki kecerdasan, visi, kontrol bola, dan teknik yang nyaris sempurna.

Bergkamp juga punya julukan yang cukup unik yaitu The Non-Flying Dutchman. Hal ini lantaran ia memiliki phobia atau takut untuk berpergian menggunakan pesawat terbang.

Kekurangan tersebut nyatanya tak mempengaruhi performa Bergkamp di lapangan. Total Bergkamp menyumbang 120 gol dari 411 penampilan selama sebelas musim membela Arsenal.

Dennis Bergkamp (kanan) bersama Robert Pires dan Thierry Henry

Bergkamp juga menjadi bagian skuat The Invincible yang tersohor itu. Total, ia mempersembahkan tiga trofi Premier League dan empat gelar Piala FA.

Demi menghargai jasa-jasa Bergkamp, Arsenal membuatkan patung khusus sang penyerang di Emirates Stadium pada 2013 silam. Sebelumnya, hanya tiga pemain yaitu Thierry Henry, Tony Adams, dan Herbert Chapman yang diganjar hadiah serupa.

Bergkamp pensiun di Arsenal pada akhir musim 2005-2006. Sayang ia gagal menutup kariernya dengan sempurna karena takluk dari Barcelona di partai final Liga Champions.