Nostalgia - Ketika Tiga Aoki Bersaudara Naik Podium GP Jepang 1995

Hendry WibowoHendry Wibowo - Kamis, 17 Oktober 2019
Nostalgia - Ketika Tiga Aoki Bersaudara Naik Podium GP Jepang 1995
Aoki Bersaudara pada Acara Demonstrasi Lap di Sirkuit Motegi, Jepang (Twitter/MotoGP)

BolaSkor.com - Sebuah sejarah yang sampai sekarang belum bisa ada yang menyamakan dan mungkin tidak pernah akan terjadi lagi. Pencetak sejarah itu adalah tiga Aoki bersaudara: Nobuatsu, Takuma, dan Haruchika.

Nobuatsu, Takuma, dan Haruchika sama-sama naik podium pada tiga kelas berbeda Kejuaraan Dunia Balap Motor saat berlomba di Sirkuit Suzuka, 23 April 1995.

Baca Juga:

Catat Jadwal Rangkaian MotoGP Jepang, Akhir Pekan Ini: Tetap Seru Meski Marc Marquez Sudah Juara Dunia

Nakagami Perpanjang Kontrak di LCR Honda, tapi Gunakan Motor 'Usang' untuk MotoGP 2020

Haruchika Aoki bahkan finis pertama pada kelas 125 cc. Kala itu, Haruchika naik podium teratas setelah mengalahkan rekan senegaranya, Kazuto Sakata dengan gap 1,796 detik.

Sukses Haruchika dilengkapi fakta posisi 1-6 lomba ini semua diisi pembalap tuan rumah!.

Sedangkan Nobuatsu Aoki finis kedua kelas 250 cc. Dia melaju sendirian di posisi kedua lantaran pemenang lomba, Ralf Waldmann menang lomba dengan selisih sangat jauh 31,590 detik.

Pembalap tuan rumah juga begitu dominan di kelas 250 cc. Terlepas kemenangan Waldmann, urutan 2-4 juga diisi pembalap Jepang.

Untuk kelas 500 cc, sukses keluarga Aoki dilengkapi keberhasilan Takuma Aoki finis ketiga. Aoki yang memperkuat tim HRC, bahkan nyaris finis kedua. Karena ia terlibat persaingan ketat versus Mick Doohan sampai lap terakhir.

Kamis (17/10), 24 tahun kemudian, Aoki bersaudara bereuni. Ketiganya melakukan demonstrasi lap di Sirkuit Motegi, jelang lomba putaran 16 MotoGP 2019, akhir pekan ini.

Sejarah tiga pembalap bersaudara finis podium dalam satu lomba Kejuaraan Dunia Balap Motor dipastikan tidak akan bisa terulang pada lomba MotoGP Jepang, akhir pekan ini. Karena memang tidak ada pembalap sedarah mengikuti Moto3, Moto2, dan MotoGP tahun 2019.

Hanya saja asa untuk melihat pembalap tuan rumah setidaknya finis podium tetap terbuka. Karena di Moto3, Jepang memiliki pembalap kompetitif: Ai Ogura, Tatsuki Suzuki, Kaito Toba, dan Ayumu Sasaki.

Lalu harapan tuan rumah di kelas Moto2, ada di dalam diri Tetsuta Nagashima. Untuk MotoGP, Jepang mempunyai Takaaki Nakagami. Meski kans dirinya finis tiga besar cukup sulit. Terlebih pembalap LCR Honda itu belum pernah merasakan podium di kelas MotoGP.*

Breaking News MotoGP 2019 Motogp jepang Aoki Bersaudara Nostalgia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan