Nostalgia - Kisah Francesco Toldo Redam Total Football Belanda di Piala Eropa 2000

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 05 April 2020
Nostalgia - Kisah Francesco Toldo Redam Total Football Belanda di Piala Eropa 2000
Francesco Toldo. (UEFA)

BolaSkor.com - Pertandingan Timnas Italia kontra Belanda pada semifinal Piala Eropa 2000 menjadi salah satu momen paling berkesan dalam karier sepak bola Francesco Toldo. Ia memang tampil heroik dalam laga tersebut.

Duel kedua negara saat itu merupakan salah satu pertandingan sepak bola yang layak dikenang sepanjang sejarah. Hari itu menjadi sebuah momen ketika Total Football tak berdaya di hadapan Catenaccio.

Sebelum pertandingan, Belanda memang lebih diunggulkan dibanding Italia. Selain tampil di kandang sendiri, performa De Oranje juga sangat mengesankan sepanjang turnamen.

Hal itu seperti akan menjadi kenyataan di lapangan. Belanda tampil mendominasi dan memborbardir gawang Italia nyaris sepanjang pertandingan.

Baca Juga:

UEFA Plintat-plintut Soal Penamaan Piala Eropa

Piala Eropa 2020 Ditunda, Presiden UEFA Tegaskan Pentingnya Kesehatan di Tengah Pandemi Virus Corona

5 Pemain yang Diuntungkan dari Penundaan Piala Eropa

Situasi semakin sulit bagi Italia karena mereka harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-34 karena Gianluca Zambrotta di kartu merah. Belanda semakin di atas angin.

Namun ketangguhan Toldo di bawah mistar Italia membuat Belanda tak kunjung memecah kebuntuan. Dua hadiah penalti yang diberikan wasit juga tak mampu dikonversi menjadi gol oleh Frank De Boer dan Patrick Kluivert.

Belanda tetap tak mampu menjebol gawang Italia meski laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Sang pemenang pun harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Di babak ini Toldo semakin menunjukkan kelasnya. Ia mampu menggagalkan dua eksekutor penalti Belanda. Italia apun berhak melaju ke final karena menang dengan skor 3-1.

Francesco Toldo
Timnas Italia merayakan kemenangan tas Belanda pada semifinal Piala Eropa 2000.

Toldo mengakui saat itu memang berharap laga diakhiri dengan babak adu penalti. Hal itu karena sebelum pertandingan, ia sudah mempelajari para penendang Belanda.

“Saya berpikir pada malam sebelumnya harus menonton video tentang mereka. Saya duduk dan menonton video mereka serta mempelajari arah tendangan yang dilakukan saat menendang penalti,” kata Toldo kepada FCInter1908.it.

Namun Toldo mengakui keberhasilannya tersebut sangat terbantu dengan kegagalan dua eksekutor penalti Belanda di waktu normal. Hal itu membuat para pemain lawan kehilangan rasa percaya diri.

"Mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi. mereka benar-benar tersesat," sambungnya.

Sayangnya Toldo gagal menyempurnakan penampilan heroiknya dengan gelar juara. Padda laga final tim Azzurri harus takluk dari Prancis dengana skor 1-2 dalam laga yang tak kalah dramatis.

Belanda Nostalgia Francesco Toldo Piala eropa Italia Timnas Belanda Timnas Italia
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan