Nostalgia - Kisah Paulo Sergio bersama Pelatih Wolverhampton Wanderes ketika Main di CD Aves

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 19 September 2020
Nostalgia - Kisah Paulo Sergio bersama Pelatih Wolverhampton Wanderes ketika Main di CD Aves
Nuno Espirito Santo. (Zimbio)

BolaSkor.com - Pelatih Wolverhampton Wanderes, Nuno Espirito Santo, ternyata memiliki kenangan bersama gelandang Bali United, Paulo Sergio. Keduanya pernah dalam misi sama berjuang menyelamatkan CD Aves dari jurang degradasi Liga Portugal 2006/2007.

Nuno Santo semasa bermain berposisi sebagai penjaga gawang. Dia pernah menjadi bagian dari Vitoria Guimaraes, SC Vila Real, Deportivo La Coruna, Osasuna, FC Porto, Dynamo Moscow, hingga Club Deportivo Aves (CD Aves).

Dari sederet klub ini, kenangan bersama CD Aves sangat menarik. Setelah dua musim berpetualangan di Rusia, Nuno Santo ditarik CD Aves. Dia menjadi satu dari beberapa pemain yang didatangkan untuk menyelamatkan CD Aves dari jurang degradasi.

Baca Juga:

Tak Ada Pemain Mundur, Ilija Spasojevic Lontarkan Pujian untuk Manajemen Bali United

Motivasi Wonderkid Bali United Berlipat Setelah Dicoret dari Timnas Indonesia U-19

Dari sederet pemain dalam misi penyelamatan CD Aves, terselip nama Paulo Sergio. Jauh sebelum gabung Bali United, Paulo Sergio pernah gabung CD Aves dengan status pinjaman dari Sporting Lisbon.

Paulo Sergio masuk pada awal 2007 saat CD Aves berada di dasar klasemen Liga Portugal 2006/2007. Mulai pekan ke-16, Nuno Santo dan Paulo Sergio selalu dimainkan CD Aves. Paulo Sergio yang baru berusia 22 tahun kerap masuk pada paruh kedua.

Kehadiran Nuno Santo dan Paulo Sergio memberi kekuatan bagi CD Aves. Usaha itu membuahkan hasil ketika pada pekan ke-25, CD Aves bisa lepas dari zona degradasi.

Dari data Weltfussball, tambahan tiga poin didapat setelah CD Aves secara mengejutkan menang atas tuan rumah CD Nacional, 4-3. Paulo Sergio mencetak dua gol dalam laga ini.

Pada pekan ke-29, mereka masih setingkat di atas zona degradasi. CD Aves mengoleksi 22 poin, di bawahnya menyusul SC Beira-Mar dengan 22 poin serta Vitoria Setubal dengan 21 poin.

Nuno Espirito Santo
Nuno Espirito Santo. (Istimewa)



Namun sungguh sial nasib CD Aves. Pada penghujung kompetisi, mereka harus bertandang ke markas FC Porto pada 20 Mei 2007. Kedua tim sama-sama butuh kemenangan. CD Aves butuh kemenangan untuk menjauh dari zona degradasi. Sementara FC Porto butuh tiga poin untuk mengamankan gelar Liga Portugal 2006/2007.

Paulo Sergio juga pasti dapat tugas "khusus" dari klub asalnya, Sporting Lisbon. Pasalnya, bila CD Aves menang atas Porto, Sporting Lisbon akan menjadi juara. Kedua tim hanya selisih satu poin saja.

Nuno Santo dan Paulo Sergio main sejak menit pertama. Sementara FC Porto memainkan skuat terbaiknya, seperti Pepe, Bosingwa, Bruno Alves, Raul Meireles, Ricardo Quaresma, Lisandro Lopez hingga Adriano.

Paruh pertama berakhir imbang 1-1. Adriano membuka keunggulan untuk Porto, sebelum kemudian Almami Moreira menyamakan kedudukan. Namun, babak kedua jadi milik Porto. Mereka menjebol gawang Nuno Santo tiga kali lewat dua gol Lisandro Lopez dan gol bunuh diri Jorge Ribeiro.

CD Aves akhirnya harus terdegradasi lantaran kompetitor lain, Vitoria Setubal sukses mengalahkan tuan rumah Naval de Maio 2-1. CD Aves terlempar bersama SC Beira-Mar.

Paulo Sergio
Paulo Sergio. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)



Itulah kebersamaan terakhir Nuno Santo dan Paulo Sergio. Pada musim berikutnya, Nuno Santo gabung Porto sebagai kiper pelapis. Sementara Paulo Sergio dipinjamkan Sporting Lisbon ke klub Portimonense SC.

Kini, Nuno Santo sudah menjadi pelatih beken di Liga Inggris. Dia mem-portugal-kan Wolverhampton Wanderes dengan sebelas pemain Portugal. Nuansa Portugal bertambah dengan jersey ketiga Wolves yang sangat identik dengan Timnas Portugal.

Sementara Paulo Sergio masih menjadi pemain aktif. Dalam usia tak muda lagi, Paulo Sergio masih jadi salah satu gelandang asing terbaik di Liga 1. Dia punya kans membawa Bali United juara lagi musim ini. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Nuno Espirito Santo Paulo Sergio Bali United Wolverhampton wanderers Liga 1 Breaking News Nostalgia
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan