BolaSkor.com - Prestasi Indonesia di Southeast Asian (SEA) Games untuk pertama kalinya terasa lengkap pada edisi 1987 di Jakarta. Medali emas yang diperoleh tim sepak bola menjadi sebab.

Indonesia mulai ambil bagian di ajang multi-event Asia Tenggara sejak SEA Games 1977 di Kuala Lumpur. Di debut, Indonesia langsung menjadi juara umum dengan menyabet 62 medali emas, 41 perak, dan 34 perunggu. Mengungguli Thailand, yang kerap menjadi juara umum di Southeast Asian Peninsular Games, kejuaran sebelum SEA Games.

Indonesia kembali menjadi juara umum di SEA Games 1979 di Jakarta, 1981 di Manila, 1983 di Singapura, sebelum Thailand kembali berada di puncak lewat perolehan medali pada edisi 1985 di Bangkok.

Baca Juga:

Tiga Calon Kapten Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

Empat Pemain Termasuk Beto Goncalves Dipulangkan Indra Sjafri dari Timnas Indonesia U-23

Status juara umum terasa kurang lantaran Timnas Indonesia tak ikut berjaya. Prestasi terbaik yakni medali perak di kandang sendiri pada 1979, setelah kalah 0-1 dari Malaysia di partai final.

Timnas Sepak Bola Indonesia untuk pertama kalinya meraih medali emas di SEA Games 1987, sekaligus membuat status juara umum terasa sempurna. Total 183 medali emas, 136 perak, dan 84 perunggu dikumpulkan.

Medali terbaik diperoleh lewat kemenangan 1-0 atas Malaysia di partai final yang digelar di Stadion Utama Senayan (Stadion Utama Gelora Bung Karno), tepatnya pada 20 September 1987. Kemenangan diperoleh secara dramatis, mengingat selama 2x45 menit bermain 0-0, sebelum satu menit perpanjangan waktu berjalan Ribut Waidi tampil sebagai penentu. Kabarnya stadion penuh sesak dengan kehadiran sekitar 100 ribu penonton.

Kemenangan sekaligus mematahkan dominasi Thailand di sepak bola, termasuk menjadi revans yang sempurna atas Malaysia yang membuat gigit jari di SEA Games 1979. Sebelumnya, Thailand menyabet medali emas di tiga edisi SEA Games, sementara Malaysia mencapkan cakar di dua edisi.

Timnas Indonesia SEA Games 1987
Timnas Indonesia di SEA Games 1987. (Facebok Zona Memory Sepak Bola)

Baca Juga:

Kemenangan atas Iran Jadi Modal Bagus Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

Muhammad Rafli dan Egy Maulana Vikri Bawa Timnas Indonesia U-23 Menang atas Iran

Timnas Indonesia menapaki final setelah menjadi runner-up Grup B. Saat itu, masing-masing grup diisi oleh tiga tim.

Indonesia menuai kemenangan 2-0 atas Brunei, sebelum bermain imbang 0-0 dengan Thailand di partai pamungkas. Kemenangan 3-1 atas Brunei membuat Thailand keluar sebagai juara grup.

Timnas Indonesia bertemu dengan juara Grup A Burma (Myanmar) di semifinal, sedangkan Thailand berhadapan dengan Malaysia. Timnas Indonesia menang meyakinkan dengan skor 4-1 melalui gol Rully Nere, Herry Kiswanto, Ricky Yakobi, dan Robby Darwis, sementara di laga semifinal lain Malaysia menang 2-0. Malaysia harus puas meraih medali perak, sementara Thailand mendapatkan perunggu melalui kemenangan 4-0 atas Myanmar.

(Selanjutnya: Skuat hingga persiapan Timnas Indonesia)