BolaSkor.com - Laga basket NBA merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu pencinta olahraga di Amerika Serikat. Namun, kondisi berbeda terjadi pada dekade 1950an, ketika kompetisi itu masih seumur jagung.

Pada awal dekade 1950an, NBA sempat menjadi sorotan warga Amerika Serikat. Sayangnya bukan karena prestasi, melainkan pertandingan paling kasar, yang bahkan hingga saat ini belum bisa disaingi.

Boston Celtics berhadapan dengan Syracuse Nationals pada laga playoff Wilayah Timur NBA 1953. Duel pertama di Syracuse berakhir untuk kemenangan Celtics dengan skor 87-81.

Baca Juga:

Tak Alami Gejala, Marcus Smart Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona

Serius Tekuni Basket 3x3, Perbasi Bikin Liga Terbesar di Asia

Pada era 1950an, strategic fouls merupakan bagian dari strategi tim NBA saat bertahan. Alhasil, duel kedua yang berlangsung pada 21 Maret 1953 pun penuh dengan kekerasan (selain juga karena Celtics dan Nationals adalah rival).

Duel berjalan ketat hingga Celtics dan Nationals hanya terpisah satu bola saat jeda. Pada babak kedua, aksi saling kejar terjadi hingga pertandingan lanjut ke babak overtime, tidak hanya sekali, bahkan sampai empat kali.


Pertandingan akhirnya dimenangi oleh Celtics dengan skor 111-105. Namun, sorotan terjadi terhadap betapa kerasnya pertandingan tersebut. Total 106 personal fouls tercipta pada laga itu.

Selain itu, 12 pemain terkena fouls out. Baku hantam antar pemain sempat terjadi hingga akhirnya dipisahkan oleh pihak kepolisian. Bahkan, aksi saling pukul pemain dengan polisi juga sempat terjadi.