Nostalgia - Mengenang Kejayaan Terakhir Manchester United di Piala Liga

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 25 Februari 2023
Nostalgia - Mengenang Kejayaan Terakhir Manchester United di Piala Liga
Manchester United terakhir kali juara Piala Liga pada musim 2016-2017. (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United akan berhadapan dengan Newcastle United pada partai final Piala Liga 2022-2023 di Stadion Wembley, Minggu (26/2), pukul 23.30 WIB. Ini menjadi kesempatan terbaik Setan Merah untuk mengakhiri masa paceklik gelar selama enam tahun terakhir.

Manchester United tengah mencoba bangkit di bawah asuhan Erik ten Hag yang bertugas sejak musim panas lalu. Manajer berkebangsaan Belanda itu tentu juga berambisi mempersembahkan trofi perdananya.

Manchester United juga punya tradisi yang lebih baik ketimbang Newcastle. Raksasa Inggris itu telah mengoleksi lima trofi Piala Liga dari sembilan kali kesempatan melaju ke final.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tidak Ada Parade Juara untuk Manchester United

Misi Manchester United: Jumat Depak Barcelona, Minggu Waktunya Angkat Piala

Penampilan Gemilang Dua Alumni Madrid dalam Kemenangan Man United Versus Barcelona

Sementara Newcastle belum pernah menjuarai turnamen ini. Prestasi terbaiknya hanya melaju ke final sebelum takluk dari Manchester City pada edisi 1976.

Manchester United juga selalu keluar sebagai pemenang pada empat kesempatan terakhir bermain di laga final Piala Liga. Kejayaan terakhirnya terjadi pada musim 2016-2017.

Ketika itu, Manchester United menjalani musim perdananya di bawah asuhan Jose Mourinho. Sejumlah bintang papan atas seperti Wayne Rooney, Paul Pogba, hingga Zlatan Ibrahimovic menjadi tumpuan.

Manchester United mengawali kiprahnya di Piala Liga 2016-2017 dengan mengalahkan Northampton Town pada babak ketiga. Melakoni laha tandang, mereka menang dengan skor 3-1.

Undian sulit harus diterima Manchester United pada babak keempat. Tim asuhan Mourinho tersebut dijodohkan dengan Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Beruntung Manchester United mendapat keuntungan sebagai tuan rumah. Hal ini dimanfaatkan secara maksimal hingga mampu mengalahkan sang rival sekota dengan skor 1-0 melalui gol Juan Mata.

Manchester United kembali menjadi tuan rumah saat melakoni babak kelima. Kali ini West Ham United dikalahkan dengan skor telak 4-1 dan mengamankan tiket ke semifinal yang berlangsung dua leg.

Pada fase ini, Manchester United bertemu dengan Hull City. Duel kedua tim berlangsung cukup sengit.

Manchester United menang 2-0 pada leg pertama di Old Trafford. Namun Hull City mencoba bangkit saat bertindak sebagai tuan rumah pada pertemuan kedua.

Hull City bahkan berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Namun Manchester United tetap melaju ke final karena unggul agregat 3-2.

Pada partai puncak, Manchester United ditantang oleh Southampton. Sang calon lawan dalam rasa percaya diri tinggi usai menyingkirkan Arsenal dan Liverpool dalam perjalanannya ke final.

Duel kedua tim pun berlangsung sengit di Stadion Wembley. Manchester United dan Southampton terlibat aksi kejar mengejar gol yang dramatis.

Manchester United awalnya seperti akan menang mudah karena unggul dua gol lebih dulu. Sepakan bebas Ibrahimovic (19') dan plessing Jesse Lingard (38') menembus pertahanan Southampton.

Namun Manolo Gabbiadini memimpin kebangkitan Southampton. Sontekan penyerang berkebangsaan Italia itu menutup babak pertama dengan skor 2-1 masih untuk keunggulan Manchester United.

Pada awal babak kedua, penyelesaian apik Gabbiadini membuat pertahanan Manchester United terdiam. Southampton berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Papan skor tak berubah waktu normal tersisa tiga menit saja. Bayang-bayang laga berlanjut ke perpanjangan waktu mulai mengemuka.

Pada momen inilah Ibrahimovic tampil sebagai pahlawan. Penyerang berkebangsaan Swedia itu mencetak gol kemenangan melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan matang Ander Herrera.

Manchester United sukses mempertahankan keunggulannya hingga laga usai. Mourinho pun sukses mempersembahkan trofi keduanya usai menjuarai Community Shield pada awal musim.

Manchester United Piala Liga Piala Liga Inggris Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan