Nostalgia Piala Dunia: Ketika Kroasia Tampil Ngotot di Perebutan Peringkat Ketiga

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 17 Desember 2022
Nostalgia Piala Dunia: Ketika Kroasia Tampil Ngotot di Perebutan Peringkat Ketiga
Belanda 1-2 Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Kroasia akan menantang Maroko pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Vatreni itu punya kenangan indah saat bertanding di fase ini.

Gengsi laga perebutan peringkat ketiga memang kerap dipandang sebelah mata. Tak sedikit yang menyarankan pertandingan ini dihapus dari Piala Dunia.

Menjadi peringkat ketiga memang dianggap tidak ada artinya. Apalagi tim-tim yang ambil bagian dalam pertandingan ini dalam kondisi mental yang hancur usai gagal ke final.

Tak heran jika banyak tim yang tampil seadanya saat melakoni laga perebutan peringkat ketiga. Namun Kroasia pada Piala Dunia 1998 merupakan pengecualian.

Baca Juga:

Prediksi dan Statistik Kroasia Vs Maroko: Siapa Peringkat Ketiga?

Jadwal Siaran Langsung Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia 2022: Kroasia Vs Maroko

Kroasia Gagal ke Final, Luka Modric Pertanyakan Hadiah Penalti Argentina

Pada momen tersebut, Kroasia justru tampil ngotot saat bersua Belanda di Parc des Princes. Tim yang ditangani Miroslav Blazevic akhirnya tampil sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Kroasia tampil di perebutan ketiga usai takluk 1-2 dari Prancis pada laga semifinal, tiga hari sebelumnya. Namun kondisi itu seolah tak membuat mental Zvonimir Boban dan kawan-kawan terganggu.

Dengan materi pemain yang hampir sama dengan laga semifinal, Kroasia tampil agresif sejak awal pertandingan. Robert Prosinecki hanya butuh waktu 14 menit untuk membobol gawang Belanda kawalan Edwin van der Sar.

Belanda sempat menyamakan kedudukan delapan menit berselang. Boudewijn Zenden mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan keras.

Namun gol tersebut tak meruntuhkan mental bertanding Kroasia. Terbukti, Davor Suker mampu membobol gawang Belanda lagi pada menit ke-36.

Suker mencetak gol dengan cara yang luar biasa. Tembakan first time-nya yang mendatar melesat ke pojok gawang setelah sebelumnya melewati sela-sela kali bek Belanda.

Gol Suker menjadi penentu kemenangan Kroasia. Belanda yang lebih diunggulkan gagal mengejar ketertinggalannya hingga laga usai.

Kemenangan atas Belanda ini disambut dengan rasa puas oleh para pemain Kroasia. Mereka serentak mengangkat tangan ke udara setelah wasit meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan.

Bukan tanpa alasan Kroasia tampil ngotot dalam laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 1998. Itu merupakan partisipasi pertama mereka di turnamen sepak bola terakbar.

Lolosnya Kroasia hingga semifinal bahkan menjadi sebuah kejutan besar saat itu. Peringkat ketiga pun seolah menjadi hadiah dari performa apik mereka sepanjang turnamen.

Piala Dunia 1998 Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Kroasia Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan