Nostalgia - Saat Rivalitas Duo Manchester Suguhkan Salah Satu Community Shield Terpanas

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 29 Agustus 2020
Nostalgia - Saat Rivalitas Duo Manchester Suguhkan Salah Satu Community Shield Terpanas
Manchester United vs Manchester City di Community Shield 2011. (Twitter)

BolaSkor.com - Community Shield merupakan salah satu event sepak bola tertua yang dimiliki Inggris. Tercatat ajang ini sudah berlangsung sejak tahun 1908 dengan nama Charity Shield.

Sesuai namanya ajang ini digelar sebagai salah satu sarana penggalangan dana. Seluruh hasil penjualan tiket biasanya disumbangkan kepada badan amal.

Namun pada 2002, nama Charity Shield diubah menjadi Community Shield. Perubahan nama ini terjadi karena Charity Commission for England and Wales menganggap ajang ini sudah tidak termasuk kategori laga amal.

Baca Juga:

Prediksi Arsenal Vs Liverpool: The Reds Sudah Lama Tak Jadi Juara Community Shield

Jurgen Klopp Tegaskan Keseriusan Liverpool untuk Menangi Community Shield

3 Pertemuan Bersejarah Terakhir Arsenal Vs Liverpool di Community Shield

Sebagai gantinya, keuntungan laga ini disumbangkan kepada komunitas sepak bola yang ada di Inggris. Community Shield rutin berlangsung di Stadion Wembley sejak 1974 meski sempat pindah sementara saat ada program renovasi pada tahun 2001 hingga 2006.

Community Shield mempertemukan juara Premier League dan Piala FA. Laga ini dimanfaatkan klub yang berpartisipasi sebagai persiapan akhir jelang musim baru bergulir.

Mengingat ada tujuan penggalangan dana, jalannya laga jarang diwarnai perseteruan antar pemain. Para manajer fokus menerapkan strategi masing-masing dan kemenangan hanyalah bonus.

duel Nemanja Vidic dan Mario Balotelli

Namun salah satu hal langka terjadi pada tahun 2012 saat duo Manchester bertemu. Duel Manchester United kontra Manchester City berlangsung sengit dan dramatis.

Laga ini bisa dibilang menjadi salah satu Community Shield terpanas sepanjang sejarah. Kedua klub menunjukkan ambisinya untuk memenangi pertandingan.

Saat itu Manchester United yang masih ditangani Sir Alex Ferguson mengandalkan banyak pemain muda. Sementara Manchester City asuhan Roberto Mancini di atas kertas memiliki skuat yang lebih menterang.

Laga yang berlangsung pada 7 Agustus 2011 tersebut menghadirkan sebuah drama yang menarik untuk disaksikan. Manchester United dan Manchester City terlibat aksi kejar-mengejar gol yang menegangkan.

Gol pembuka Manchester City yang dicetak Julian Lescott.

Manchester City seperti akan menang dengan mudah saat unggul 2-0 hingga babak pertama berakhir. Julian Lescott dan Edin Dzeko membuat David De Gea yang baru didatangkan Manchester United dari Atletico Madrid layaknya kiper medioker.

Namun Manchester United melakukan comeback fantastis di babak kedua. Setan Merah mampu mencetak tiga gol balasan untuk membalikkan kedudukan.

Luis Nani menjadi bintang kebangkitan Manchester United dengan dua golnya. Sementara satu gol lainnya dicetak Chris Smalling.

Dramatisnya, gol kemenangan Manchester United dicetak Nani pada masa injury time. Ia mengecoh Joe Hart setelah memanfaatkan blunder Vincent Kompany.

Kerasnya duel ini bisa dilihat dari total 25 pelanggaran dan tujuh kartu kuning yang dikeluarkan wasit. Terlalu serius untuk sebuah laga pemanasan.

Menariknya, rivalitas duo Manchester berlanjut sepanjang musim tersebut. Manchester City akhirnya membalas kekalahan di Community Shield dengan comeback fantastis untuk menjuarai Premier League.

Manchester United Manchester City Community Shield Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan