Nostalgia Singapura Vs Indonesia di Piala Tiger 2004 - The Lions Juara Kalahkan Garuda

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 22 Desember 2021
Nostalgia Singapura Vs Indonesia di Piala Tiger 2004 - The Lions Juara Kalahkan Garuda
Singapura juara Piala Tiger 2004. (Fourfourtwo)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia bersiap menghadapi semifinal Piala AFF 2020. Lawan yang dihadapi adalah tuan rumah Singapura.

Timnas Indonesia lebih dahulu bertindak sebagai tim tamu saat melawan Singapura, pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12) malam WIB.

Setelah itu, Skuat Garuda bertindak sebagai tuan rumah melawan Singapura, pada laga semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12) malam WIB.

Timnas Indonesia punya catatan buruk melawan Singapura di Piala AFF. Skuat Garuda hanya meraih 3 kemenangan, 2 imbang, dan 4 laga menderita kekalahan.

Dua dari empat kekalahan tersebut didapat Timnas Indonesia saat fase gugur pertandingan krusial. Satu kekalahan diraih saat kalah 1-2 dari Singapura di semifinal Piala Tiger 1998. Satu laga saat Timnas Indonesia dikalahkan Singapura di final Piala Tiger 2004.

Baca Juga:

Tiket Laga Timnas Indonesia Vs Singapura Ludes Terjual Hanya dalam 12 Jam

Singapura Vs Timnas Indonesia, Witan Sulaeman Umbar Janji

Sebetulnya, Timnas Indonesia tampil fantastis di Piala Tiger 2004 di tangan pelatih mantan legenda Aston Villa, Peter Withe. Skuat Garuda berkekuatan pemain senior dan muda. Ada Kurniawan Dwi Yulianto, Firmansyah, Charis Yulianto, Ismed Sofyan, Hendro Kartiko, Elie Aiboy, Ortizan Solossa, Ilham Jaya Kesuma, dan bintang muda bernama Boaz Solossa.

Skuat Garuda lolos ke semifinal sebagai juara grup dengan catatan kemenangan atas Laos (6-0), Vietnam (3-0), Kamboja (8-0), dan hanya imbang 0-0 kontra Singapura. Timnas Indonesia menjadi tim tersubur turnamen dengan 17 gol, tanpa kebobolan. Adapun posisi runner-up dihuni Singapura.

Di semifinal, Timnas Indonesia bertemu musuh bebuyutan Malaysia. Skuat Garuda harus takluk 1-2 dari Malaysia di Senayan. Pemain Malaysia tertahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena kemarahan suporter.

Namun, Skuat Garuda mampu membalas 4-1 di Kuala Lumpur untuk melaju ke final. Timnas Indonesia bertemu Singapura di laga final.

Singapura yang di era tersebut mengandalkan sejumlah pemain naturalisasi seperti Itimi Dickson, Daniel Bennett, dan Agu Casmir berhasil membungkam Timnas Indonesia dalam dua pertemuan.

Timnas Indonesia takluk 1-3 di kandang yang diwarnai cedera parah yang diderita Boaz Solossa akibat terjangan brutal Baihakki Khaizan. Sedangkan di pertemuan kedua, Timnas Indonesia tak mampu mengejar ketinggalan agregat skor setelah Singapura memetik keunggulan 2-1. Singapura pun meraih gelar juara kedua kalinya.

Timnas Indonesia Singapura Timnas Singapura Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.965

Bagikan