BolaSkor.com - Begitu banyak label pertandingan dengan embel-embel 'big match' di Premier League yang notabene liga terbaik dunia. Dengan status liga terbaik dunia, bukan hal baru lagi jika banyak pertandingan dengan label tersebut.

Akan tapi untuk kategori laga besar dapat lebih spesifik semisal North West Derby antara Liverpool kontra Manchester United, Derby London Utara Tottenham Hotspur melawan Arsenal, duel Liverpool kontra Man City, serta derby sekota lainnya.

Satu laga menarik lainnya yang mungkin tak dapat perhatian lebih, tetapi menarik dinanti adalah pertandingan di antara Liverpool kontra Arsenal. Keduanya tak punya rivalitas panjang dalam sejarah sepak bola Inggris.

Meski begitu di kala kedua tim bentrok, pertandingan seru terjadi, sebab Arsenal selalu punya filosofi atau DNA bermain ofensif yang dikenal dengan istilah "Arsenal Way". Sedangkan Liverpool adalah klub bersejarah dan tersukses di Inggris.

Baca Juga:

Aubameyang Cedera, Arsenal Harap-harap Cemas Sambangi Anfield

Liverpool Akan Menguji Catatan Impresif Pertahanan Arsenal

8 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan Arsenal

Drama di Anfield pada musim 1988-1989

Di antara 233 pertemuan antara Liverpool dan Arsenal salah satu yang paling berkesan terjadi pada musim 1988-1989. Masih dalam format Divisi Satu dan terjadi di Anfield, Arsenal merenggut titel liga dari tangan Liverpool.

Dalam susasana duka dengan tragedi Hillsborough kala itu, Liverpool masih memimpin klasemen dan terpaut tiga poin dengan Arsenal. Kala menjamu Arsenal di Anfield Liverpool sedianya hanya butuh hasil seri atau minimal tak kalah untuk menjadi juara.

Tapi takdir tak berkata demikian. Pada laga yang berlangsung pada 26 Mei 1989, Liverpool asuhan Kenny Dalglish di luar dugaan kalah 0-2 dari arsenal dari gol yang dicetak Alan Smith dan Michael Thomas. Nama yang disebut terakhir nantinya membela Liverpool.

Itu menjadi duel krusial yang mewarnai perebutan titel liga di antara kedua tim dan masuk dalam sejarah sepak bola Inggris. Setelah itu tidak banyak pertemuan sekrusial itu di antara kedua tim.

Dominasi Liverpool, Kemenangan Terakhir Arsenal di Anfield

Dari 233 pertemuan yang dikutip dari 11v11 Liverpool dominan dengan 91 kemenangan, 61 hasil imbang, dan 81 sisanya dimenangi oleh Arsenal. Saat ini di musim 2021-2022, Arsenal arahan Mikel Arteta masih mencari bentuk permainan terbaik.

Sementara Liverpool asuhan Jurgen Klopp sudah menjuarai Liga Champions dan mengakhiri penantian 30 tahun titel liga (Premier League). Tak ayal ketika kedua tim bentrok Liverpool selalu jadi unggulan karena catatan tersebut.

Liverpool dominan khususnya di Anfield. Butuh melihat mundur hingga sembilan tahun ke belakang untuk melihat kemenangan terakhir Arsenal di Anfield.

Tepatnya terjadi pada 2 September 2012 di Premier League, Arsenal arahan Arsene Wenger dengan tangan kanannya sebagai asisten, Steve Bould, menyambangi markas Liverpool yang dilatih Brendan Rodgers.

Liverpool saat itu tidak seperti saat ini. The Reds tak menemukan pengganti Andy Carroll yang dipinjamkan ke West Ham United, serta bermain inkonsisten meski memiliki Pepe Reina, Steven Gerrard, Luis Suarez, dan Raheem Sterling (yang masih berusia 17 tahun).

Abou Diaby berduel dengan Jonjo Shelvey

Itu terlihat di Anfield. Arsenal dominan di segala area dengan hal-hal yang bisa jadi terdengar unik saat ini, seperti bermainnya Victor Mannone sebagai kiper, Carl Jenkinson pada posisi bek kanan, dan penampilan terbaik Abou Diaby.

Ironisnya, pada menit 31 Gerrard sang kapten Liverpool membuat kesalahan hingga bola direbut Santi Cazorla yang kemudian memberi assist untuk gol Lukas Podolski. Cazorla dan Podolski adalah dua rekrutan anyar Wenger di Arsenal.

Dominasi Arsenal terlihat dari permainan mereka. Diaby yang banyak menghiasi kariernya di Arsenal dengan cedera, bermain bagus mengontrol lini tengah dan membangun serangan. Tandemnya yang kini jadi manajer Arsenal, Mikel Arteta juga tampil apik.

Hasilnya di menit 69 Cazorla menyempurnakan kehebatannya di Anfield dengan gol kedua Arsenal. Peluang darinya sedianya dapat ditepis Reina tapi sang kiper urung melakukannya. Tak banyak opsi bagi Liverpool dan Rodgers untuk mengejar ketertinggalan. Arsenal menang 2-0 di Anfield.

Santi Cazorla dan Lukas Podolski

Momen bersejarah bagi Arsenal itu sudah lama tak terjadi bahkan setelah sembilan tahun lamanya. Kini Anfield menjadi neraka bagi tim-tim tamu yang datang. Butuh keajaiban bagi Arsenal mengulang pencapaian tersebut.

Susunan Pemain Liverpool vs Arsenal:

Liverpool (4-3-3): Pepe Reina; Jose Enrique, Daniel Agger, Martin Skrtel, Glenn Johnson; Steven Gerrard, Joe Allen, Nuri Sahin; Fabio Borini, Luis Suarez, Raheem Sterling

Manajer: Brendan Rodgers

Arsenal: Victor Mannone; Kieran Gibbs, Per Mertesacker, Thomas Vermaelen, Carl Jenkinson; Abou Diaby, Mikel Arteta; Lukas Podolski, Santi Cazorla, Alex Oxlade-Chamberlain; Olivier Giroud

Manajer: Arsene Wenger