Nostalgia - Terakhir Kali Liverpool Terlempar dari Empat Besar Premier League

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 22 Mei 2021
Nostalgia - Terakhir Kali Liverpool Terlempar dari Empat Besar Premier League
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool secara mengejutkan harus menjalani masa-masa sulit pada Premier League 2020-2021. Berstatus juara bertahan, The Reds harus berjuang keras untuk mengamankan tempatnya di empat besar.

Liverpool harus memenangi laga terakhir kontra Crystal Palace demi mengamankan tiket Liga Champions. Kekalahan atau hasil imbang bisa membuat tim asuhan Jurgen Klopp terlempar ke peringkat kelima.

Andai hal itu terjadi, tentu sebuah kegagalan besar bagi Liverpool. Merseyside Merah memang sudah menjadi langganan tampil di Liga Champions.

Jika dilihat lebih jauh, Liverpool memang sudah cukup lama menjadi penghuni tetap empat besar Premier League. Terakhir kali mereka terlempar dari Big Four terjadi pada musim 2015-2016.

Baca Juga:

Skenario Perebutan Empat Besar Premier League antara Chelsea, Liverpool, dan Leicester

Warisan Bill Shankly Jadi Inspirasi Jersey Kandang Terbaru Liverpool

Jurgen Klopp Ibaratkan Laga Kontra Crystal Palace sebagai Final

Skuat Liverpool 2015-2016

Padahal Liverpool diperkuat sejumlah pemain bintang seperti Philippe Coutinho, Roberto Firmino, hingga Jordan Henderson. Namun performa rival sekota Everton itu tak maksimal.

Kegagalan tersebut juga menandai musim debut Klopp. Pria berkebangsaan Manajer Jerman itu ditunjuk menangani Liverpool usai dipecatnya Brendan Rodgers karena serangkaian hasil buruk.

Klopp menjalani debut pada pekan kesembilan Premier League 2015-2016 saat bertandang ke markas Tottenham Hotspur. Liverpool mampu membawa pulang satu poin karena menahan imbang The Lilywhites dengan skor 0-0.

Namun tambahan satu poin tidak berarti banyak. Liverpool masih tertahan di peringkat kesepuluh.

Memasuki paruh musim, performa Liverpool mulai membaik. Secara perlahan mereka mulai mendekati empat besar dengan duduk di peringkat ketujuh.

Liverpool hanya terpaut lima poin dari peringkat keempat yang ditempati Tottenham. Sebuah jarak yang sangat mungkin di kejar dengan 19 pekan tersisa.

Ironisnya, performa Liverpool asuhan Klopp tak kunjung konsisten hingga akhir musim. Hal itu membuat mereka mengakhiri musim di peringkat kedelapan dan gagal mendapatkan tiket ke kompetisi Eropa.

Jurgen Klopp

Liverpool hanya mampu meraih 16 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 10 kali kalah. Sebuah catatan yang menggambarkan inkonsistensi mereka sepanjang musim.

Liverpool sebenarnya punya jalur lain untuk mendapatkan tiket Liga Champions. Daniel Sturridge dan kawan-kawan mampu melaju ke final Liga Europa.

Kemenangan di ajang kasta kedua kompetisi Eropa tersebut akan membuat Liverpool lolos otomatis ke Liga Champions. Namun mereka justru takluk dari Sevilla dengan skor 1-3.

Kegagalan tersebut membuat Liverpool berbenah secara serius. Semusim berselang, The Kop sukses merebut tiket Liga Champions dengan finis di peringkat keempat.

Ini juga menjadi awal kesuksesan Liverpool era Klopp. Pada musim-musim selanjutnya, trofi Liga Champions dan Premier League mampu didaratkan ke Anfield.

Liverpool Premier League Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan