BolaSkor.com – Tiga kartu merah mewarnai serunya pertandingan di Anfield pada September 1999 antara dua rival sekota di Merseyside, Liverpool dan Everton. Semenjak malam yang indah bagi fans Everton itu, kedua tim akan bertempur di Derby Merseyside ke-234 di pekan 15 Premier League, Kamis (05/12).

Menilik kondisi kedua tim, Liverpool jauh diunggulkan memenangi laga seperti laga-laga atau beberapa tahun sebelumnya. Sementara Si Biru dari Merseyside berkutat di papan bawah klasemen Premier League, inkonsisten dalam permainan mereka, yang berujung sorotan kepada sang manajer: Marco Silva.

Menurut kabar dari Sky Sports, pertandingan melawan Liverpool, yang tengah memuncaki klasemen Premier League dan belum pernah kalah, akan jadi kesempatan terakhir bagi Silva untuk mempertahankan pekerjaannya.

Apalagi, statistik dari Opta memperlihatkan Everton belum pernah menang di 17 laga terakhir melawan Liverpool di Premier League dan tak lagi menang di Anfield sejak 1999. Namun, derby tetaplah derby. Hasil akhir di laga derby acapkali sulit diprediksi dan cenderung mengejutkan, tak peduli performa kedua tim.

Baca Juga:

Prediksi Liverpool Vs Everton: Derby Merseyside yang Tak Imbang

Legenda Man United Yakin Everton Berpotensi Hentikan Liverpool Menangi Titel Premier League

Taktik Baru Everton Bisa Repotkan Liverpool di Derby Merseyside

Divock Origi

Hal itu bisa dilihat dari Derby Merseyside musim lalu (2018-19). Liverpool menang melalui gol telat yang diciptakan Divock Origi. Proses golnya unik. Dewi Fortuna tersenyum kepada Liverpool ketika Origi berada di tempat yang tepat untuk menanduk bola, setelah bola gagal ditangkap Jordan Pickford dan memantul di tiang gawang.

Contoh itu merupakan bukti segalanya bisa terjadi di laga derby. Kans Everton untuk tampil mengejutkan juga tetap ada di Anfield, meski faktanya mereka terakhir menang di sana pada 1999.

"Saya pikir Everton akan mendapatkan hasil imbang. Sejauh ini segalanya sulit bagi mereka, (tapi) saya pikir mereka bisa bangkit," ucap produk akademi Everton, Wayne Rooney, dilansir dari Mirror.

"Ini (Derby Merseyside) besar untuk kota dan, jika Everton menang, itu bisa menghentikan Liverpool memenangi titel (Premier League).”

Tidak mudah bagi Everton menciptakan malam keajaiban di Anfield seperti 1999, melawan tim dengan lini belakang yang kokoh, lini tengah yang kuat, dan lini depan yang mematikan. Namun sebelum pertandingan berlangsung selama 90 menit, tidak ada yang tahu hasil akhirnya nanti.

Terlepas dari hasil apapun di Derby Merseyside, kenangan akan kemenangan dramatis Everton di Anfield pada 1999 menjadi momen berharga fans Toffees – julukan Everton. September 1999 akan selalu dikenang sebagai derby-nya Kevin Campbell.