Nostalgia Timnas Indonesia Vs Malaysia - 'Comeback' di Semifinal Piala Tiger 2004

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 19 Desember 2021
Nostalgia Timnas Indonesia Vs Malaysia - 'Comeback' di Semifinal Piala Tiger 2004
Timnas Indonesia Vs Malaysia. (AFP)

BolaSkor.com - Piala Tiger 2004 berlangsung di Vietnam dan Malaysia pada tanggal 7 Desember 2004 sampai 16 Januari 2005. Ada 10 tim yang ikut serta dengan tambahan Timor Leste. Brunei Darussalam kembali tidak mengikuti turnamen setelah absen pada 1998-2002.

Namun, ada perbedaan di mana semifinal dan final menggunakan sistem kandang-tandang. Setelah babak penyisihan grup menggunakan format home tournement di dua negara tuan rumah, yakni Vietnam dan Malaysia.

Grup A dihuni oleh Indonesia, Singapura, Vietnam, Laos, dan Kamboja. Grup B ditempati Myanmar, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia datang ke Piala Tiger 2004 dengan kegagalan Kualifikasi Piala Dunia 2006. Namun, kegagalan tak membuat Skuat Garuda tampil memble.

Baca Juga:

Prediksi Timnas Indonesia Vs Malaysia: Garuda Cengkeram Tiket Semifinal

Egy Maulana Vikri Terancam Absen di Piala AFF 2020, Kurniawan Dwi Yulianto Beri Pesan Bijak

Piala Tiger 2004
Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma. (Goal)

Timnas Indonesia tampil fantastis di Piala Tiger 2004 di tangan pelatih mantan legenda Aston Villa, Peter Withe. Skuat Garuda berkekuatan pemain senior dan muda. Ada Kurniawan Dwi Yulianto, Firmansyah, Charis Yulianto, Ismed Sofyan, Hendro Kartiko, Elie Aiboy, Ortizan Solossa, Ilham Jaya Kesuma, dan bintang muda bernama Boaz Solossa.

Skuat Garuda lolos ke semifinal sebagai juara grup dengan catatan kemenangan atas Laos (6-0), Vietnam (3-0), Kamboja (8-0), dan hanya imbang 0-0 kontra Singapura. Timnas Indonesia menjadi tim tersubur turnamen dengan 17 gol, tanpa kebobolan. Adapun posisi runner-up dihuni Singapura.

Ilham Jaya Kesuma dan Boaz Solossa menjadi duet menakutkan lawan. Terhitung sembilan gol dilesakkan keduanya di babak penyisihan grup. Ilham Jaya Kesuma dengan enam gol, sisanya lahir dari Boaz Solossa.

Di semifinal, Timnas Indonesia bertemu musuh bebuyutan Malaysia. Skuat Garuda harus takluk 1-2 dari Malaysia di Senayan lewat dua gol Liew Kit Kong. Pemain Malaysia tertahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena kemarahan suporter.

Namun, Skuat Garuda mampu membalas 4-1 di Kuala Lumpur untuk melaju ke final. Saat itu, Timnas Indonesia tampil meyakinkan di Bukit Jalil.

Timnas Indonesia tertinggal melalui gol Muhamad Khalid pada menit ke-28. Skuat Garuda berhasil membalikkan keadaan di babak kedua.

Empat gol masing-masing dilesakkan oleh Kurniawan Dwi Yulianto (59'), Charis Yulianto (74'), Ilham Jaya Kesuma (77'), dan Boaz Solossa (84').

Sayang, Timnas Indonesia harus kalah dari Singapura di laga final dengan argregat 2-5.

Nostalgia Timnas Indonesia Malaysia Timnas malaysia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan