BolaSkor.com - Valentino Rossi tentu tidak seberapa jika dibandingkan Diego Maradona. Namun, rider asal Italia itu tetap memiliki tempat di hati masyarakat Argentina.

Pengaruh Rossi ternyata cukup besar di Negeri Tango. Itu terbukti pada MotoGP Argentina 2015 di mana tribun bergemuruh mendukung The Doctor.

Ternyata, tak hanya masyarakat Argentina yang terpincut dengan aksi Rossi. Dia yang sebut Tuhan yakni Maradona turut menyempatkan diri hadir menyaksikan The Doctor beraksi.

Rossi tentu tersanjung mengetahui Maradona mau menyaksikannya beraksi. Maka dari itu, Rossi menyiapkan selebrasi spesial pada MotoGP 2015.

Kala itu, Rossi keluar sebagai pemenang. Ia naik podium tertinggi dengan mengenakan jersey tim nasional Argentina bernomor punggung 10, bertuliskan Maradona.

Baca Juga:

Dipecat Ducati, Petrucci Justru Terima Kasih

Kesulitan di MotoGP Portugal, Valentino Rossi Puyeng

Selebrasi itu membuat Rossi kian dicintai publik Argentina. Bahkan, tak segan mereka menyebut The Doctor sebagai Maradona di MotoGP.

“Kenapa sebagian besar penonton di sini mendukung Rossi? Jawabannya sederhana: Rossi adalah Maradona di dunia balap motor," ujar satu di antara penggemar MotoGP.

Selebrasi Rossi dengan jersey Maradona tersebut menjadi ikonik karena pada MotoGP 2015, The Doctor sangat dekat dengan juara dunia.

Saat itu, Rossi tampil luar biasa di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Memulai balapan dari urutan delapan, Rossi mulus menyentuh garis finis sebagai yang terdepan.

Kemenangan tersebut membuat Rossi bisa bersaing dalam perebutan gelar juara dunia hingga akhir. Sayang, The Doctor pada akhirnya takluk dari Jorge Lorenzo.

MotoGP 2015 menjadi kali terakhir Rossi sangat dekat dengan gelar juara dunia ke-10 nya. Setelahnya, Rossi belum mampu mengulangi prestasi tersebut.

Secara pribadi, Rossi dan Maradona juga saling mengenal. Maradona pernah secara khusus menemui The Doctor pada MotoGP San Marino 2008. Kala itu, Maradona mencium tangan Rossi sebelum balapan dimulai.

Sambil mencium, Maradona berkata “Tangan Dios”. Dios bisa diartikan sebaga dewa atau dalam konteks Maradona berarti Tuhan.

Kepergian Maradona pada 25 November 2020 tentunya membuat Rossi terpukul. Sebuah salam perpisahan diucap Rossi untuk mengatar kepergian Diego Maradona.

"Selamat tinggal Maradona, pesulap sepak bola. Misano 2008, ini adalah saat orang-orang melihat Maradona. Maradona tidak akan terlupakan," tulis Rossi pada akun media sosialnya.