Nova Arianto Cerita Pengalaman bersama Timnas Indonesia hingga Harapan di HUT-90 PSSI

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 19 April 2020
Nova Arianto Cerita Pengalaman bersama Timnas Indonesia hingga Harapan di HUT-90 PSSI
Nova Arianto. (Istimewa)

BolaSkor.com - PSSI genap berusia 90 tahun pada Minggu (19/4). Sudah banyak yang menjadi bagian dari perjalanan induk sepak bola tertinggi tanah air ini, salah satunya Nova Arianto yang kini menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia dibawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

Sebelum menjabat sebagai asisten pelatih, Nova Arianto juga pernah menjadi bagian dari Timnas indonesia ketika masih sebagai pemain. Si Suster Ngesot ini mengaku memiliki banyak pengalaman yang tak terlupakan di Timnas Indonesia baik itu sebagai pemain maupun sebagai pelatih.

Ketika bermain, Nova dikenal sebagai salah satu bek tengah kuat yang dimiliki oleh Timnas Indonesia. Semua penyerang lawan bisa ia hadapi dengan baik, tapi ada beberapa negara yang menurutnya yang sulit untuk ia taklukan.

Baca Juga:

Tiba di Korea Selatan, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Akan Jalani Isolasi Mandiri

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Jelaskan Salah Satu Tujuan Pulang ke Korea Selatan

Untuk lawan terberatnya Nova menyebutkan tiga negara, Australia, Arab Saudi, dan Thailand. Menurutnya ketiga lawan ini merupakan lawan terberat yang pernah ia hadapi selama berseragam Timnas Indonesia.

"Australia dan Arab Saudi menjadi negara yang paling tangguh yang pernah saya hadapi. Kalau untuk Asia Tenggara, Thailand menjadi lawan yang sulit dan mereka punya penyerang yang sangat baik," kata Nova Arianto saat dihubungi oleh BolaSkor.com, Minggu (19/4).

Prestasi Nova Arianto ketika menjadi staf pelatih Timnas Indonesia lebih mentereng dibandingkan dengan saat menjadi pemain. Pada saat menangani Timnas Indonesia U-22, Nova berhasil membawa tim tersebut menjadi juara Puala AFF U-22 yang digelar di Kamboja.

Tidak hanya itu saja, saat Timnas Indonesia U-23 berlaga di SEA Games, ia juga berhasil menjadi bagian dari sejarah. Meski tidak bisa membawa medali emas ke Indonesia, setidaknya Nova berhasil membawa pulang medali Perak diajang dua tahunan tersebut.

"Pengalaman paling berharga saya pernah menjadi bagian dan berada di tim juara Piala AFF U-22 dan medali perak di SEA Games. Itu pengalaman yang sangat luar biasa dalam karir melatih saya," ujar Nova.

"Kalau pemain pasti suatu kebanggaan berada di tim nasional karena itu sudah menjadi cita-cita saya sebagai pemain bola dan semua yang pernah saya lakukan di tim nasional punya kenangan tersendiri baik di latihan maupun pertandingan," tambahnya.

Di hari ulang tahun PSSI yang ke-90 ini, Nova Arianto memiliki pesan tersendiri. Ia berharap pembinaan usia muda di Indonesia bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Karena usia muda merupakan awal dari Timnas Indonesia.

"Saya lihat PSSI sekarang mengarah lebih baik dan mulai banyaknya kompetisi usia muda. Saya rasa itu baik dan harus ditingkatkan lagi. Karena itu salah satu cara mempersiapkan agar sepak bola Indoensia lebih baik ke depannya," pungkas Nova Arianto.

Pssi Breaking News Nova arianto Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Posts

4.871

Bagikan