BolaSkor.com - Sudah hampir satu pekan Timnas Indonesia U-19/U-20 menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jakarta. Selama laitihan, asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto menilai pemain memperlihatkan perkembangan yang positif.

Mantan bek Timnas Indonesia era 2000-an itu menjelaskan, meski grafik meningkat secara umum, akan tetapi ada beberapa pemain yang dinilai kondisinya masih belum maksimal. Perlu meningkatkan kondisinya lagi agar bisa bersaing dengan yang lain.

Nova yang menganut sistem latihan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan melakukan latihan tiga kali sehari membuat para pemain kaget dan beberapa cedera. Salah satunya adalah Beckham Putra.

Baca Juga:

Jack Brown Cerita Persaingan dan Karakter Striker Timnas Indonesia U-19

Wajah Baru di Timnas Indonesia U-19 Harus Kerja Ekstra Keras, Mengapa?

"Pemain dalam kondisi baik meski ada beberapa yang cedera. Secara keseluruhan pemain terus berjuang keras dan menunjukkan progres yang baik setiap harinya," kata Nova seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Untuk menu latihan Timnas Indonesia U-19, setiap harinya berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan sehari tiga kali. Pada pagi hari Timnas indonesia U-19 mendapat latihan strength endurance dengan naik turun tangga dan skipping.

Sore hari latihan permainan atau teknik dengan bola di lapangan dan tetap bertujuan meningkatkan level fisik pemain. Lalu malam harinya latihan di gym untuk meningkatkan kekuatan serta massa otot.

"Sesuai materi latihan dari coach Shin Tae-yong fokus selama pekan ini adalah mempertahankan serta meningkatkan level endurance pemain. Selain itu, melihat mental pemain dalam melaksanakan latihan yang diberikan. Jadi pemain harus selalu siap dan kerja keras," tambah Nova Arianto.

TC Timnas Indonesia U-19 ini sebagai persiapan menghadapi ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Setelah Jakarta, Timnas Indonesia U-19 berencana akan melangsungkan TC di Luar Negeri.