BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19 sudah bertolak ke Chiangmai, Thailand, untuk melakukan pemusatan latihan (TC). TC ini akan dilakukan selama 12 hari. Timnas Indonesia U-19 akan melakoni 5 laga uji coba di sana melawan klub Korea Selatan dan lokal.

Ada 28 pemain yang terpilih jalani TC Timnas Indonesia U-19. Ini merupkan hasil seleksi tahap pertama dari tanggal 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

Nantinya, ada tambahan pemain dari Garuda Select II. Pemain yang di sana akan langsung dipantau Shin Tae-yong dan PSSI.

Dari 28 pemain, penggawa warisan Fakhri Husaini hanya 12 pemain. Nama yang menjadi starter Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini hanya Ernando Ari Sutaryadi, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Komang Teguh, dan Sutan Zico.

Sisanya merupakan pemain Elite Pro Academy, salah satunya mantan asuhan Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-16, Hamsa Lestaluhu. Witan Sulaeman menjadi satu-satunya pemain dari Timnas Indonesia U-23 yang lolos. Usia Witan masih 18 tahun dan masuk skuat Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:

Ketum PSSI Tegaskan Pemain Timnas Indonesia U-19 Jangan Kebanyakan Main Medsos

Nova Arianto Beberkan Program Latihan Timnas Indonesia U-19 di Thailand

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, mengatakan tidak ada pemain emas di Skuat Garuda Muda. Manajer pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, tak pilih kasih.

"Situasinya sekarang sama dan saya sudah pernah bilang kepada pemain, kalau situasi sekarang diibaratkan seperti lomba lari, kita mulai dari nol semua," kata Nova Arianto.

"Tidak ada pemain yang bekas AFC, semua baru. Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh pemain baru jika memang mereka ingin menjadi pemain Timnas Indonesia," tambahnya.

Nova Arianto menambahkan, Beckham Putra Nugraha dicoret lantaran menderita cedera. Bukan soal tidak terpilih.

"Kalau Beckham sendiri tidak kami bawa karena memang ia mengalami cedera. Sebenarnya Beckham masuk, tapi ia harus istirahat selama dua atau tiga minggu itu yang menjadi pertimbangan kami tidak membawanya," katanya.