Nusantara Open 2023 Resmi Dibuka oleh Prabowo Subianto

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 14 Desember 2023
Nusantara Open 2023 Resmi Dibuka oleh Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto bersama Ketum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo meresmikan Garudayaksa Football Academy. (Istimewa)

BolaSkor.com - Prabowo Subianto selaku pembina Garudayaksa Football Academy sekaligus Menteri Pertahanan RI, baru saja meresmikan fasilitas olahraga di Garudayaksa Football Academy, Cisaat, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/12) pagi hari WIB.

Fasilitas yang berdiri di Komplek Garudayaksa Football Academy itu, memiliki luas 60 hektare dengan ketersediaan 7 lapangan, 1 indoor stadium, plus asrama dengan fasilitas komplet seperti keberadaan ruang fitness.

"Bangsa yang kuat pemuda pemudinya harus kuat. Kuat fisik, kuat mental, tekad, semangat. Hanya dengan generasi muda yang kuat dan semangat gembira optimis Indonesia bisa menjadi negara yang hebat. Nanti PSSI akan membina tim tim pemudi perempuan kita. Harus ada nanti Nusantara open perempuan supaya kaum perempuan juga tampil," kata Prabowo.

"Dan saya koreksi, yang tadi (luas) sekian puluh hektare itu tidak hanya untuk akademi sepak bola. Tapi rencananya kami juga ada untuk (membangun) sekolah unggulan di sini, mulai dari SD, SMP, SMA, sampai universitas ada di sini, bersamaan dengan pusat pelatihan untuk (cabang) olahraga-olahraga lain."

Tak hanya seorang diri, saat penandatanganan prasasti sebagai penanda diresmikannya fasilitas olahraga di Komplek Garudayaksa Football Academy, Prabowo didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

Adanya sarana dan prasarana sepak bola modern, memastikan bahwa Prabowo Subianto merupakan pemerhati sepak bola nasional dan tulus mendorong kemajuan sepakbola di Tanah Air demi menghasilkan tim nasional yang kaut dan berprestasi.

"Akademi Garudayaksa terbuka untuk umum. Terutama (ada) pilihan, kami (mengadakan) pembibitan, melalui proses seleksi daerah yang terbaik kami sekolahkan di sini. Tapi tentunya fasilitas ini bisa dipakai oleh tim-tim, ya kami juga terbuka (untuk umum)," tegas Prabowo.

Baca Juga:

Ernando Ari Sutaryadi Cedera, Terancam Tak Bisa Ikut Piala Asia 2023

Diikuti 11 Klub Liga 1, Nusantara Open 2023 Cetak Talenta Berbakat Tanah Air untuk Berguru ke Qatar

Nusantara Open 2023

Tak hanya itu, Prabowo Subianto juga membuka secara resmi turnamen Nusantara Open 2023 yang diikuti 16 tim kelompok umur 17 tahun. Masing-masing grup dihuni 4 tim.

Untuk edisi tahun ini, jumlah peserta dari akademi atau elite pro academy (EPA) klub Liga 1 bertambah, dari 6 menjadi 11 tim.

11 klub yang mengirim akademinya adalah juara bertahan Persib Bandung, PSIS Semarang, Arema FC, Bali United, Borneo FC, PSM Makassar, PSS Sleman, Persis Solo, RANS Nusantara FC, dan Bhayangkara FC. Ditambah lima Akademi, yakni Garudayaksa FA, PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Malut Selection, dan ASIOP Apacinti.

Nusantara Open 2023 digelar di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada 14 sampai 21 Desember 2023.

Gelaran ini merupakan bukti kecintaan Prabowo Subianto terhadap sepak bola yang dikemas secara modern dengan tema “Sepakbola adalah Pemersatu Bangsa”.

"Bangsa yang kuat pemuda pemudinya harus kuat. Kuat fisik, kuat mental, tekad, semangat. Hanya dengan generasi muda yang kuat dan semangat gembira optimis Indonesia bisa menjadi negara yang hebat. Nanti PSSI akan membina tim tim pemudi perempuan kita. Harus ada nanti Nusantara open perempuan supaya kaum perempuan juga tampil," tegas Prabowo.

Tahun lalu, Persib Bandung U-17 selaku Tim juara turnamen Nusantara Open 2022, sudah dikirim 3 pekan ke Qatar. Runner-up tahun lalu, PSLS Lhokseumawe, segera dikirim ke Qatar, ke Aspire Academy, akhir Desember ini.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-20 besutan Indra Sjafri juga akan diberangkatkan ke Qatar, berbarengan dengan PSLS.

Sama seperti tahun lalu, ada beberapa talenta terbaik dari Nusantara Open 2023 yang akan dididik di Garudayaksa FA, dan dikirim ke Aspire Academy, Qatar untuk berguru. Seperti diketahui, Aspire Academy merupakan akademi yang memiliki sistem pembinaan terbaik di dunia.

"Jadi saya pesan sama kalian. Kalian di sini ingat pemuda pemuda Indonesia yang semangat. Bertanding dengan baik dan gembira. Bertanding dengan satria. Jangan jadi bangsa yang lemah dan menyerah sebelum bertanding. Menang dan kalah asal semangatmu benar," jelas Prabowo.

"Sepak bola adalah lambang simbol dari sebuah bangsa. Kita punya tekad Indonesia hadir di Piala Dunia. Selamat bertanding. Jangan pernah berkecil hati. Selalu optimis dan nikmati pertandingan ini."

"Janji adalah suatu yang harus ditepati. Saat itu saya pernah berjanji mengirim tim U-17 untuk melakukan persiapan di Qatar tapi karena waktu yang sangat mepet dengan Piala Dunia U-17 hal itu belum terlaksana. Kini seiring dengan misi Indonesia mencalonkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2025, saya akan menunaikan janji saya, mengirim timnas U-20 untuk persiapan jangka panjang di Qatar," tambah Menteri Pertahanan RI.

“Yang penting bagi saya, ini bagian dari cinta Tanah Air, patriotisme, bayangkan di mana lagi lagu kebangsaan kita dikumandangkan dan hormat sama bendera kita, hanya di olahraga. Ini penting, ini prestige, kita bisa menempatkan Indonesia di dunia, ini untuk memperkenalkan Indonesia, sehingga ini menarik iklim investasi, orang tahu Indonesia membangun, Indonesia tumbuh, Indonesia sejahtera, Indonesia makmur, mereka datang, wisatawan datang, jadi penting sekali. Olahraga penting sebagai bagian dari pembangunan bangsa, tidak ada bangsa yang kuat kalau rakyatnya lemas-lemas, kita harus bikin rakyat kita kuat dan olahraga salah satu sarana. Ekonominya bagus, akan dilihat outputnya salah satunya olahraga yang bagus, olahraga yang hebat. berarti ekonomi bagus,” pungkas Prabowo.

Sementara itu, Erick Thohir mengisahkan bahwa kehidupan Prabowo memang tak bisa lepas dari sepakbola. Sejak kecil, Prabowo aktif bermain kulit bundar. Kini Prabowo terlibat aktif membina dan membesarkan sepak bola.

"Saat makan siang bersama, saya mendengar cerita langsung dari Pak Prabowo yang semasa muda pernah menjadi kapten tim sepakbola di sekolahnya. Jadi memang relasi dengan sepakbola sudah terbangun sejak awal," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir mengapresiasi setiap tokoh ataupun individu yang mau membantu mengambangkan sepakbola. Ini seperti Prabowo yang rela membantu serta bekerja sama dengan PSSI untuk mengambangkan sepakbola, terutama timnas usia muda.

"Apresiasi tinggi pada organisasi, tokoh atau individu yang rela bekerja sama serta berkontribusi untuk mengembangkan sepak bola. Memang kerja sama lintas stakeholder diperlukan agar sepak bola kita semakin maju," terang Ketua Umum PSSI.

Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan