BolaSkor.com - Sampai dengan saat ini, pretasi Timnas Indonesia masih mengalami pasang surut. Meski begitu, sejarah mencatatkan Timnas Indonesia tidak pernah habis dalam menciptakan sosok penyerang yang berbahaya sampai dengan saat ini.

Salah satu nama yang tidak bisa dilupakan adalaha sosok Ricky Yakob atau Ricky Yakobi. Mantan pemain PSMS Medan ini merupakan satu di antara deretan striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Kariernya dimulai pada tahun 1980an, mengawali karier di PSMS, namanya mencuat ketika bermain untuk untuk Arseto Solo pada tahun 1986-88. Pada saat itu, ia juga berhasil masuk dalam skuad Timnas Indonesia asuhan Bertje Matulapelwa yang bermain di Asian Games 1986 di Korea Selatan.

Baca Juga:

Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi Tutup Usia

Jersey Ketiga Timnas Indonesia Diluncurkan, Ada Harapan Menorehkan Tinta Emas

Pada gelaran Asian Games, pria kelahiran Medan, 12 Maret 1963 langsung memberikan penampilan yang menjanjikan. Ketika itu, Timnas Indonesia hanya kalah 0-2 dari Arab Saudi dan bermain imbang 1-1 melawan Qatar.

Indonesia menang 1-0 kontra Malaysia dan menang 4-3 lewat adu penalti melawan Uni Emirat Arab (UEA). Ricky mencetak satu gol dalam laga perempat final melawan UEA itu. Sayang, langkah Indonesia terhenti di semifinal setelah kalah dari Korea Selatan dengan skor 0-4.

Ricky semakin melambung setelah ia dibeli klub Matsushita Jepang pada tahun 1988. Namun, kariernya tidak sukses karena sulit beradaptasi dengan cuaca dingin yang ada di Jepang. Alhasil Ricky hanya mampu mencetak satu gol dari empat laga yang ia mainkan.

Timnas Indonesia Tahun 1987 (Istimewa)

Kendati demikian, namanya tetap meroket di Tanah Air, terutama setelah meraih medali emas SEA Games 1987. Saat itu bersama dengan Herry Kiswanto, Rully Nere, Robby Darwis, dan Jaya Hartono, mereka mampu memberikan pertasi untuk Indonesia.

Namun sekarang perjalanan Ricky sudah berakhir, sang maestro lini serang Timnas Indonesia itu sudah tutup usia. Pria kelahiran Medan ini menghembuskan nafas terakhirnya ketika berumur 57 tahun. Berawal dari sepak bola dan berakhir di sepak bola.

Selamat jalan Ricky Yacobi, Jasamu untuk Timnas Indonesia tak akan terlupakan!