BolaSkor.com - Perkembangan cryptocurrency menjadi alat transaksi terus berkembang. Bahkan sekarang ini banyak klub sepak bola yang merambah dunia NFT. Non Fungible Token sekarang ini tidak hanya di mainkan oleh para pebisnis atau pun seniman, tetapi dunia olahraga telah banyak menggunakan NFT.

Sistem digital ini sudah merambah dunia olahraga khususnya sepak bola. Beberapa klub papan atas Eropa bekerja sama dengan perusahaan lain untuk bisa menerbitkan koleksi NFT, sedangkan hasil penjualannya akan menambah pendapatan perusahaan. Pada dasarnya, NFT adalah salah satu investasi digital yang paling menguntungkan.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar klub sepak bola yang masuk dunia NFT, di antaranya:

1. FC Dynamo Kyiv

Pada Juni 2021, FC Dynamo Kiev secara resmi menjual tiket NFT dan bermitra dengan Moonwalk dan Binance. Dengan cara ini, Liga Champions Ukraina akan menjadi klub sepak bola pertama yang menggunakan Token yang Tidak Dapat Dipertukarkan. Wakil presiden Dynamo Kyiv FC Mark Ginzburg mengakui bahwa inovasi tersebut diperkenalkan untuk memberikan performa yang lebih baik kepada para penggemar.

"Kami akan selalu berusaha untuk memberikan kepada penggemar Dynamo dengan layanan yang terbaik dan terbaru. dan kami akan bekerja dengan perusahaan terkemuka. Sehingga tiket NFT kami dikembangkan oleh perusahaan Amerika terkenal seperti Moonwalk, dan dalam penerapannya mengunakan platform Binance.adalah penjualan NFT,” ungkap Ginzzburg,”

2. TSG Hoffenheim

Klub sepak bola Jerman ini bermitra dengan Baby Doge, aset crypto unik yang saat ini dicintai oleh semua penggemar cryptocurrency. Hoffenheim dan Baby Doge telah meluncurkan logo digital ini sebagai upaya untuk mempererat hubungan antara fans dan klub. Keduanya juga menantikan untuk menjelajahi dunia NFT bersama.

“TSG Hoffenheim senang bekerja dengan merek inovatif dan terkemuka seperti Baby Doge. Kami senang dan menantikan kemitraan yang sukses, di mana kami akan menghidupkan NFT Club Collection dan proyek menarik lainnya," kata Denny Strich, CEO TSG Hoffenheim.

3. Liverpool

Tim sepak bola Inggris dengan 6 liga juga menjual NFT. Koleksinya disebut LFC Heroes Club dan terdiri dari semua wajah staf Liverpool yang telah menjadi pahlawan. Kemudian, hingga 10% dari hasil bisnis, mereka akan memberikan jaminan pemerintah di bawah sistem FFC Foundation.

4. AS Monaco

Masih banyak yang mengeluarkan NFT, salah satunya adalah AS Monaco tidak mau kalah. Perusahaan ini bekerja sama dengan Capital Block untuk meluncurkan token digitalnya, untuk memperkenalkan dunia NFT kepada para pendukungnya. Wakil presiden dan manajer umum AS Monaco, Oleg Petrov, senang dengan kemitraan ini. Harapannya, NFT mereka dapat memperkuat posisi AS Monaco di bidang inovasi digital.

"Kami senang dengan kemitraan dengan Capital Block ini, yang memungkinkan AS Monaco memperkuat posisinya di bidang inovasi digital dan meningkatkan kesempatan bagi penggemar untuk terhubung dengan perusahaan. Dan setiap hari berlalu mendukung daya tarik NFT yang semakin meningkat. Expert Capital Block akan memungkinkan kita untuk lebih memahami alam semesta ini, untuk memahami faktor-faktor yang terlibat dan untuk menentukan rencana yang kuat dan berkelanjutan.” Jelas Oleg Petrov.

5. Paris Saint-Germain (PSG)

Klub "sultan", yang bermarkas di Parc des Princes, telah mengungkapkan bahwa mereka tertarik untuk memasuki dunia Metaverse dan NFT. PSG telah mendaftarkan merek dagangnya dengan pihak terkait lainnya, dibantu oleh Michael Kondoudis sebagai kuasa hukum paten.

“Pengajuan ini merupakan langkah selanjutnya untuk perlindungan merek dagang saat terhubung ke Metaverse. Jelas, PSG melihat potensi Metaverse dan mendukung mereknya untuk ekonomi virtual yang akan mendominasi,” kata Michael Kondoudis

6. Barcelona

Kemudian ada juga klub besar seperti Barcelona yang menyatakan minatnya untuk membuat Metaverse dan NFT mereka sendiri. Namun, tidak ada tim yang akan membantu Barcelona mengelola inovasi ini, itu dilakukan untuk menghemat uang klub. Tak hanya itu, semua pemain 'Blaugrana' pada akhirnya akan terlibat dalam proyek untuk membuat dan memperdagangkan NFT di Metaverse, menurut pernyataan resmi dari Joan Laporta sebagai presiden klub Barcelona.

“Saya bisa mengumumkan sesuatu yang lain, tapi saya akan berhati-hati karena itu masih rahasia. Para pemain tahu apa yang sedang kami kerjakan, dan itu adalah perusahaan modern yang menggunakan media baru. Ada klausul dalam kontrak mereka yang berlaku untuk dunia NFT dan metaverse," kata Laporta.

Inilah 6 klub top Eropa yang dipastikan masuk ke dunia NFT. Di masa depan, bukan tidak mungkin klub lain akan berpartisipasi dalam dunia NFT, karena diyakini bahwa praktik ini semakin berkembang. NFT saat ini sedang populer atau aktif di dunia kripto dan dunia digital.

Banyaknya klub sepak bola yang masuk dalam dunia NFT tentunya sebagai penggemar kamu harus mengetahui apa itu NFT, nah agar lebih jelas maka kita akan bahas tentang seluk beluk NFT.

Apa itu NFT?

Era digitalisasi saat ini terus berkembang pesat.Tahun lalu, ada mata uang terdesentralisasi (DeFi). Ini adalah sistem keuangan baru yang mengadopsi teknologi blockchain. DeFi telah mendapatkan banyak pengikut di antara penggemar crypto di seluruh dunia selama setahun terakhir. Tahun ini, perkembangan blockchain melahirkan NFT.

Token atau Token NFT atau Non-Fungible adalah token fungsional berdasarkan teknologi blockchain. Bitcoin dan altcoin adalah koin, jadi NFT seperti sertifikat digital. Dengan demikian, pengguna hanya memiliki NFT dengan catatan kepemilikan aset digital. NFT juga harus menjadi satu-satunya sertifikat berbasis blockchain yang mewakili kepemilikan aset.

NFT akan memiliki nomor kode dan metadata yang unik. Itu tidak akan direproduksi. Jelas berbeda dengan aset NFT lainnya. Kode unik juga dapat digunakan untuk mengeluarkan token, mentransfer kepemilikan, dan lainnya.

NFT didasarkan pada kripto yang umum di bawah jaringan Ethereum, yaitu ERC-1155 dan ERC-721. Layanan portofolio defi, seperti Metamask dan platform seperti EOS, Neo dan Tron juga menerbitkan NTF mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan Ethereum untuk menyajikan crypto nft. Menggunakan sistem NFT

Tidak hanya untuk kriptografi, sistem NFT sering digunakan di luar kriptografi. Belakangan ini NFT sering digunakan oleh para musisi yang menjual kaset musik dan video. NFT adalah salinan resmi dari nilai aslinya. Ini seperti karya seni seperti musik dan video yang dirilis di mana-mana.

Tentu saja, harga kaset pertama dan larut sangat berbeda. Dan kaset digital yang dibagikan juga memiliki sedikit perbedaan harga. Itu tergantung pada penjual. Secara harfiah, fungible berarti “tidak dapat diubah”. Contoh fungible adalah Bitcoin karena tidak bisa digantikan dengan hanya 21,5 juta BTC yang beredar mayoritas.

Ini berbeda dengan NFT yang unik. Jika dibandingkan dengan dunia nyata. Semuanya memiliki salinannya sendiri. Seperti gambar, foto, musik dan lainnya. Jadi orang tidak bisa membedakan mana karya yang asli dan mana yang duplikat. Jadi, dengan adanya NFT, keabsahan aset palsu bisa tersebar ke publik.