BolaSkor.com - Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah, berpotensi absen pada awal musim 2020-21 Premier League apabila membela negara kelahirannya, Mesir, berlaga di Olimpiade 2020. Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan dari pelatih tim nasional U-23 Mesir, Shawky Gharib.

"Kami harus mengirim daftar awal 50 pemain. Salah akan menjadi yang pertama dalam daftar sebagai panggilan resmi," kata Gharib dikutip dari ON Sport TV

Jika Mo Salah memilih untuk membela negaranya, ia tidak bisa berlaga bersama The Reds mulai 22 Juli 2020 hingga 8 Agustus 2020 - saat perhelatan Olimpiade 2020 dengan asumsi Mesir melaju ke fase final. Waktu tersebut bertepatan dengan awal musim Premier League.

Baca Juga:

10 Rekor Premier League yang Menanti Dipecahkan Liverpool Musim Ini

Piala Afrika Dimainkan Januari-Februari pada 2021, Klub-klub Premier League Harap-harap Cemas

Arsene Wenger Ungkap Alasan Mohamed Salah Tidak Sehebat Lionel Messi

Mohamed Salah

Tidak hanya itu, pada 2021 pemain berusia 27 itu juga berpotensi absen membela Liverpool jika ia memilih untuk kembali membela negaranya di Piala Afrika 2021. Turnamen tersebut diselenggarakan tepat pada pertengahan musim Premier League yaitu tanggal 9 Januari 2021 hingga 6 Februari 2021.

Liverpool harus fokus mengantisipasi potensi absen mantan pemain AS Roma tersebut. Pasalnya, Mo Salah musim ini menjadi kunci kejayaan Liverpool dengan raihan 12 gol dan enam assists, Salah juga menjadi faktor penting dalam 23 kemenangan di Premier League dan belum pernah kalah sejauh ini.

Bukan hal mudah bagi Liverpool ketika harus kehilangan pemain kuncinya saat berada di masa kejayaan. Namun Gharib menegaskan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan Salah.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, tentu tidak akan bahagia melihat jadwal padat Mo Salah bersama klub dan timnas. Meski semua keputusan ada pada Mo Salah, Klopp bisa saja melarangnya tampil di Olimpiade atau Piala Afrika. Hal yang sama juga berlaku kepada Sadio Mane dan Naby Keita, dua pemain Afrika lainnya yang dimiliki Liverpool.

Penulis: Deva Asmara Kusuma