Olimpiade 2032 Bakal Membawa Perubahan Positif untuk Kebudayaan Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 26 Desember 2019
Olimpiade 2032 Bakal Membawa Perubahan Positif untuk Kebudayaan Indonesia
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

BolaSkor.com - Ketua National Olympic Comitee (NOC), Raja Sapta Oktohari, percaya jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, bukan hanya memberi dampak terhadap olahraga, tetapi juga budaya masyarakat Tanah Air. Okto berkaca dari Korea Selatan dan China yang mengalami perubahan pesat setelah menggelar Olimpiade.

“Kami ingin mengajak bangsa ini untuk berpikir budaya Olimpiade. Pada akhirnya nanti pelan-pelan bakal bergeser pola pikir masyarakat dan pembinaan yang langsung fokus kepada Olimpiade," kata Okto.

“Kami melihat negara-negara seperti Korea Selatan. Kalau kita ingat, Korsel itu Olimpiade tahun 1988. Coba diingat-ingat tahun 1978, 10 tahun sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade negara itu seperti apa? Korea tidak seperti saat ini," sambungnya.

Baca Juga:

Menpora Sudah Kantongi Calon CdM Olimpiade Tokyo 2020

Asian Games 2018 Jadi Modal untuk Helat Olimpiade 2032 di Indonesia

Selepas Olimpiade, baik China dan Korea Selatan mengalami peningkatan pesat di sektor olahraga. Namun, tak berhenti sampai di situ. Kebudayaan masyarakatnya turut mengalami kemajuan.

“Atau kita bisa melihat ke China saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2008. Berarti tahun 1998, coba diingat China itu seperti apa?" ujar Okto.

“Kami datang ke China sebelum SEA Games 2019 karena kunjungan KOI pertama yang resmi itu ke China. Kami belajar bahwa banyak sekali budaya yang terjadi usai Olimpiade 2008.

"Orang China tidak lagi keluar rumah pakai baju sembarangan, dulu terkenal dengan pakai daster, sendal jepit, dan kuncir rambut lalu keluar rumah. Tidak ada lagi budaya di China yang teriak-teriak dan meludah," imbuh mantan CdM Indonesia di ajang Olimpiade Rio de Janeiro tersebut.*

Breaking News Olimpiade 2020 Indonesia
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan