Olimpiade Tokyo 2020: Atasi Tuan Rumah, Spanyol Tantang Brasil di Final

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 03 Agustus 2021
Olimpiade Tokyo 2020: Atasi Tuan Rumah, Spanyol Tantang Brasil di Final
Spanyol 1-0 Jepang (Twitter)

BolaSkor.com - Perjuangan tuan rumah, Jepang berakhir di semifinal sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Bermain di Saitama Stadium, Selasa (03/08) malam WIB, Spanyol menang 1-0 atas Jepang melalui babak tambahan. Spanyol akan melawan juara bertahan, Brasil di final.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah menghadapi Spanyol yang diunggulkan ke final dan memenangi medali emas. Jepang arahan Hajime Moriyasu turun dengan taktik 4-2-3-1 dan Spanyol besutan Luis de la Fuente Castillo dengan formasi 4-1-2-3.

Jepang mengandalkan playmaker mereka yang disebut Lionel Messi-nya Jepang, Takefusa Kubo serta dua pemain berpengalaman, Maya Yoshida dan Hiroki Sakai di lini belakang.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Kalahkan Meksiko, Brasil Melaju ke Final

Betapa Bahagianya Menpora Sambut Emas Greysia/Apriyani

5 Penampil Terbaik dari Fase Grup Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Spanyol juga memiliki kualitas individu merata dari belakang ke depan dengan nama-nama pemain dari Piala Eropa 2020 seperti Unai Simon, Pau Torres, Eric Garcia, Pedri, hingga Dani Olmo.

Spanyol sudah mengambilalih penguasaan bola sejak awal laga, tapi tipikal seperti timnas senior mereka di Piala Eropa 2020, penyelesaian akhir jadi masalah dengan penguasaan bola tersebut. Alhasil banyak peluang terbuang dari Mikel Oyarzabal dkk.

Jepang hanya sesekali melakukan serangan yang tidak terlalu menguji Unai Simon. Spanyol bertahan baik, begitu juga Jepang yang baru kebobolan satu gol sejauh ini di turnamen. Laga berakhir tanpa gol di paruh pertama.

Ketatnya duel Spanyol vs Jepang

Di babak kedua jalannya laga tidak jauh berbeda, tetapi Jepang berani sedikit keluar untuk mencetak gol. Moriyasu baru memasukkan Yuki Soma dan Ayase Ueda dari bangku cadangan, sementara Spanyol sudah empat pemain masuk.

Jesus Vallejo, Marco Asensio, Carlos Soler, dan Javi Puado dimasukkan Castillo di kubu Spanyol untuk mengubah jalannya laga. Masuknya Asensio sedikit meningkatkan serangan Spanyol, tapi lagi-lagi penyelesaian akhir jadi masalah Spanyol.

Pada menit 57 sempat ada pelanggaran di kotak penalti, tetapi wasit laga, Kevin Ortega melihat VAR dan mengubah keputusannya. Momen di kotak penalti itu terjadi ketika Maya Yoshida coba memblok bola yang ingin ditendang Mikel Merino.

Empat menit tambahan waktu berakhir di paruh kedua dan tak ada lagi gol yang tercipta. Skor berakhir tanpa gol di waktu normal dan berlanjut ke babak tambahan dengan potensi drama adu penalti.

Di babak tambahan kedua kubu bermain lamban karena letih, namun di momen menentukan ini Spanyol punya keunggulan dari kualitas individu. Marco Asensio menjadi super-sub.

Winger Real Madrid menerima bola dari Oyarzabal, membalikkan badan dan mencetak gol dengan kaki kirinya hingga Kosei Tani tak dapat menepisnya. 1-0 Spanyol unggul di menit 115.

Selebrasi gol Marco Asensio

Sampai pertandingan berakhir 120 menit plus tambahan waktu tak ada lagi gol yang tercipta. Spanyol menang 1-0 atas Jepang dari gol tunggal Marco Asensio dan akan menantang Brasil di final.

Susunan Pemain:

Jepang (4-2-3-1): Kosei Tani; Yuta Nakayama, Kou Itakura, Maya Yoshida, Hiroki Sakai; Wataru Endo, Ao Tanaka (Daiki Hashioka 118'), Reo Hatate (Yuki Soma 65'), Takefusa Kubo (Koji Miyoshi 90'), Ritsu Doan (Daizen Maeda 90'); Daichi Hayashi (Ayase Ueda 65')

Pelatih: Hajime Moriyasu

Spanyol (4-1-2-3): Unai Simon; Marc Cucurella (Juan Miranda 105'), Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil (Jesus Vallejo 45'); Pedri (Marco Asensio 83'), Martin Zubimendi (Jon Moncayola 97'), Mikel Merino (Carlos Soler 59'); Dani Olmo (Javi Puado 60'), Rafa Mir, Mikel Oyarzabal

Pelatih: Luis de la Fuente Castillo

Breaking News Olimpiade Olimpiade Tokyo 2020 Jepang Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan