Olimpiade Tokyo 2020: Atlet Angkat Besi China Diterpa Hoaks Doping

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 30 Juli 2021
Olimpiade Tokyo 2020: Atlet Angkat Besi China Diterpa Hoaks Doping
Hou Zhihui (IOC)

BolaSkor.com - Kemenangan atlet angkat besi asal China, Hou Zhihui, pada 24 Juli lalu turut menimbulkan isu yang tidak sedap. Zhihui dirumorkan menggunakan doping untuk meraih kemenangan di nomor putri 49 kg.

Berdasarkan informasi dari insidethegames.biz, rumor ini pertama kali muncul dari media asal India, Asian News International. Dalam pemberitaannya, Zhihui diminta tetap berada di Tokyo untuk melakukan tes anti doping.

Jika terbukti positif, maka medali emas yang diperolehnya akan berpindah tangan ke wakil India, Mirabai Chanu. Demikian pula dengan Windy Aisah asal Indonesia. Windy akan meraih medali perak jika Zhihui terbukti postif usai melakukan tes doping tersebut.

Namun, anti doping dunia justru tidak mengetahui apa-apa perihal pemberitaan tersebut. Mereka mengaku tidak pernah meminta Zhihui untuk menjalani tes anti doping.

Baca Juga:

Jalan Berliku Atlet Skateboard Menempuh Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020: Para Peraih Medali Sudah Pulang ke Tanah Air

Hal serupa juga dialami International Testing Agency (ITA). Mereka justru merasa bingung dengan beredarnya kabar tersebut.

“Kami tidak tahu dari mana kabar ini beredar, tetapi kita akan tetap mengikutinya. Seperti biasa strategi dan transparasi segala perkembangan ada di website kami,” ucap ITA dikutip dari insidethegames.biz.

Bahkan federasi angkat besi China membantah pemakaian doping para atletnya. Mereka menganggap kabar negatif yang beredar mengenai Zhihui merupakan berita bohong.

Sebagai informasi, atas beredarnya kabar ini, Agensi Anti Doping Dunia (WADA) memutuskan untuk melakukan tes anti doping pada beberapa atlet termasuk Zhihui. Namun, hingga Jumat (30/7) ini belum ada kabar resmi apakah Zhihui benar-benar memakai dopping atau tidak.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan