BolaSkor.com - Virus corona yang mewabah di dunia mengancam Olimpiade Tokyo 2020. Ajang empat tahunan itu kemungkinan bisa batal dihelat.

Anggota International Olympic Comitee (IOC), Dick Pound, menilai opsi pembatalan lebih masuk akal ketimbang memindahkan lokasi Olimpiade. Pernyataan tentang kepastian hal tersebut akan dikeluarkan akhir Mei 2020.

“Mungkin sekitar itu (akhir Mei). Saya bilang, orang akan bertanya-tanya apakah semua ini (virus corona) terkendali sehingga kita bisa yakin pergi ke Tokyo atau tidak," kata Pound.

Baca Juga:

Jelang Olimpiade 2020, Komisi X DPR RI Beri Catatan untuk Kemenpora

Menpora Bantah Penyelenggara PON Papua 2020 Tolak Jawa Timur

“Anda tak bisa begitu saja menunda sesuatu yang begitu besar dan skala akbar seperti Olimpiade. Banyak yang akan dipindah, ada banyak negara yang terlibat, dan beragam hal. Anda tidak dapat dengan mudah menyatakan akan menyelenggarakannya pada Oktober,” sambungnya.

Pound meminta kepada seluruh atlet agar tidak panik.IOC akan mengambil tindakan terbaik untuk mengatasi virus corona.

“Sepanjang yang kami tahu, Anda semua harus berada di Tokyo (untuk Olimpiade. Indikasi pada level ini bahwa semua akan berjalan seperti biasa. Jadi tetap fokus pada olahraga Anda dan yakinlah IOC tidak akan mengirimku ke situasi pandemi," tegas Pound.

Sejak 1896, Olimpiade baru sekali dibatalkan pada 1940 karena perang. Kala itu, Jepang yang harusnya menjadi tuan rumah tengah berseteru dengan China.