BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, angkat bicara terkait keputusan International Olympic Comitee (IOC) menunda Olimpiade Tokyo 2020. Menpora mengapresiasi langkah IOC dan menerima dengan lapang dada.

IOC memutuskan menunda Olimpiade Tokyo 2020 setelah melakukan rapat dengan pemangku kepentingan, termasuk Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Pandemi virus corona yang tak kunjung menurun menjadi alasan utama penundaan ajang empat tahunan tersebut.

“Jika itu keputusan OC dan IOC maka pemerintah akan terima. Tak mungkin kami tolak" kata Amali.

Terkait kontingen Indonesia, Menpora akan menghubungin Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Chief de Mission, Rosan P Roeslani, untuk menentukan langkah ke depan.

Baca Juga:

Kanada Tak Akan Kirim ke Olimpiade 2020 Akibat Virus Corona

IOC Pertimbangkan Penyelenggaraan Olimpiade di Tengah Ancaman Virus Corona

“Soalnya, kami yang menunjuk Pak Rosan. Jadi harus ada komunikasi lebih jauh soal keputusan ini terkait apa yang harus dilakukan. Kalau untuk KOI, kami akan minta surat resminya dari mereka untuk mengetahui lebih jauh alasan dari keputusan penundaan," ujar Amali.

“Kami juga akan berbicara dengan cabor yang mempersiapkan Olimpiade itu,” sambungnya.

Olimpiade Tokyo 2020 sedianya berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus. Setelah diputuskan ditunda, IOC belum mengumumkan jadwal baru.