BolaSkor.com - Laga semifinal sepak bola putra Olimpiade 2020 antara Meksiko kontra Brasil berlangsung sengit. Tim Samba akhirnya keluar sebagai pemenang dan melaju ke final.

Dalam laga yang berlangsung di Kashima Stadium, Selasa (3/8), kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Brasil kemudian keluar sebagai pemenang lewat adu pinalti dengan skor 4-1.

Brasil yang tampil dominan mendapat peluang emas pertamanya pada menit ke-13 lewat aksi Guilherme Arana yang melakukan overlap. Namun tembakannya dari jarak dekat masih mampu dihalau Guilermo Ochoa.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Dua Alasan Pelatih Brasil Sertakan Dani Alves

Nostalgia - Ketika Hat-trick Messi Menghancurkan Brasil dan Neymar

Delapan Besar Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020: Juara Bertahan Lawan Mesir

Enam menit berselang, giliran Dani Alves yang memberikan ancaman ke gawang Meksiko. Kali ini tendangan bebasnya juga masih mampu ditepis Ochoa.

Brasil sempat mendapat hadiah penalti pada menit ke-29 setelah seorang pemainnya dilanggar di kotak terlarang. Namun wasit kemudian menganuulir keputusan tersebut usai mengecek VAR.

Lebih banyak ditekan, Meksiko nyaris mencuri gol pada akhir babak pertama. Sayang, tembakan keras Ernesto Vega masih mampu ditepis Aderbar Santos dan membuat skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Jalannya laga di babak kedua tak banyak berubah. Brasil tetap mendominasi dan mengurung pertahanan Meksiko.

Peluang terbaik Brasil di babak kedua datang pada menit ke-81. Richarlison melepaskan sundulan akurat yang sayangnya masih membentur tiang.

Di sisa waktu, Brasil terus menggempur pertahanan Meksiko. Namun skor 0-0 tetap tak berubah sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada fase ini, Brasil mulai frustrasi dalam membongkar pertahanan Meksiko. Stamina yang sudah menurun juga membuat pola serangan tim asuhan Andre Jardine itu mudah diantisipasi.

Meksiko juga kian menumpuk pemainnya di lini pertahanan. Target mereka jelas untuk mengakhiri laga dengan drama adu penalti.

Brasil tetap gagal mencetak gol kemenangan selama 2x15 menit perpanjangan waktu. Pemenang laga harus ditentukan lewat babak tos-tosan.

Pada adu penalti, beban lebih berat seharusnya berada di kubu Brasil. Namun wakil Amerika Selatan itu menunjukkan mental juaranya.

Empat eksekutor penalti Brasil mampu menjalankan tugas dengan baik. Sementara dua dari tiga algojo pertama Meksiko yaitu Eduardo Aguirre dan Johan Vasquez gagal.

Brasil pun memenangi adu penalti dengan skor 4-1. Mereka akan menantang salah satu dari Jepang atau Spanyol di laga puncak.

Susunan Pemain

Meksiko (4-1-2-3): Guilermo Ochoa; Vladimir Lorona, Cesar Montes, Johan Vasquez, Jesus Angulo (Adrian Mora 98'); Luis Romo; Jose Esquivel (Carlos Rodriguez 46') , Francisco Cordova (Jesus Angulo 78'); Carlos Antuna (Diego Lainez 62'), Henry Martin (Eduardo Aguirre 98'), Ernesto Vega (Roberto Alvarado 90').

Pelatih: Jaime Lozano.

Brasil (4-2-3-1): Aderbar Santos; Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana; Douglas Luiz (Mattheus Henrique 115'), Bruno Guimaraes; Paulinho (Gabriel Martinelli 67'), Claudinho (Reinier 72'), Richarlison; Antony (Malcom 91').

Pelatih: Andre Jardine.