BolaSkor.com - Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, meminta para pebulu tangkis Indonesia memersiapkan mental sebaik-baiknya. Pasalnya, atmosfer pertandingan yang akan berlangsung di Olimpiade Tokyo 2020 akan berbeda dibandingkan kompetisi lainnya.

Bagi para pebulu tangkis, berkompetisi dalam Olimpiade merupakan sebuah pencapaian tertinggi yang selalu diidam-idamkan. Karena hanya pemain terbaik yang dapat ikut berpartisipasi dalam ajang empat tahun sekali itu.

Namun, di sisi lain, hal ini akan menimbulkan beban mental teramat besar bagi para pebulu tangkis yang terpilih. Atmosfer pertandingan yang terjadi dalam Olimpiade akan lebih menekan dibandingkan kompetisi lainnya mengingat ajang ini merupakan event kasta tertinggi dalam dunia olahraga.

Melihat hal ini, pelatih yang berjuluk naga api meminta agarpebulu tangkis Indonesia dapat menjaga mentalnya saat berkompetisi. Jangan sampai wakil Indonesia terpengaruh tekanan pertandingan nanti.

Baca Juga:

Naga Api Pastikan Kevin/Marcus Siap Unjuk Gigi di Olimpiade

Jonatan Christie Bawa Semangat Piala Eropa ke Olimpiade Tokyo 2020

“Harus mengatur suasana mental saat hari pertandingannya. Ketika sampai di Kumamoto mungkin masih bisa enjoy. Namun, saat bertanding mental harus bisa dijaga,” jelas Herry.

Kendati demikian, Herry IP mengaku bahwa untuk mengatur suasana hati para atlet tidak semudah membalikkan tangan. Para pelatih harus bisa melakukan pendekatan yang cermat saat berkomunikasi dengan pemainnya.

“Karena tiap pemain tidak sama. Ada treatment sendiri-sendiri, misal pemain A bisa dengan cara disemangati sementara pemain B sulit saat diberikan nasehat. Jadi harus tahu karakter tiap pemain,” ungkap Herry.

Tidak hanya itu saja, Herry IP juga melihat bahwa sesi pembagian drawing pertandingan juga dapat memberikan tekanan mental bagi para pemain. Sebab, momen tersebut dapat menentukan sebesar apa kesulitan yang akan dihadapi pebulutangkis selama menjalani kompetisi.

Penulis: Bintang Rahmat