Olympique Lyon Jadi Klub Paling Rugi dari Berakhirnya Ligue 1

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 01 Mei 2020
Olympique Lyon Jadi Klub Paling Rugi dari Berakhirnya Ligue 1
Olympique Lyon (Twitter)

BolaSkor.com - Selesainya Ligue 1 musim 2019-2020 secara prematur membuat Olympique Lyon jadi pihak yang paling dirugikan. Los Gones untuk pertama kalinya akan absen dari kompetisi Eropa akibat hal tersebut.

Ligue 1 musim 2019-2020 terpaksa dihentikan setelah pemerintah Prancis melaranag pelaksanaan event olahraga hingga akhir Agustus Paris Saint-Germain (PSG) yang kini memimpin klasemen diputuskan menjadi juara.

Selain gelar juara, operator Ligue 1 (LFP) juga telah menentukan para wakil yang akan berlaga di kompetisi Eropa musim depan. Mereka mengambil keputusan berdasarkan klasemen terakhir sebelum liga ditangguhkan pada Maret lalu.

PSG dan Olympique Marseille lolos ke fase grup Liga Champions. Sementara Rennes yang menempati peringkat ketiga berpeluang menyusul dua klub di atas asal bisa lolos dari babak kualifikasi.

Sementara untuk Liga Europa, tiga tim yang menduduki peringkat empat sampai enam akan menjadi wakil Prancis. Ketiganya yaitu Lille, Nice, dan Reims.

Baca Juga:

PSG Dedikasikan Gelar Juara Ligue 1 2019-2020 untuk Pejuang Virus Corona

Paris Saint-Germain Dinobatkan Juara Ligue 1 2019-2020

Ligue 1 Putuskan Hasil Musim 2019-2020 pada 30 April

Sial bagi Lyon karena hanya berada di peringkat ketujuh. Padahal mereka hanya tertinggal satu poin dari Reims.

Hal ini membuat manajemen Lyon tak puas. Mereka berencana mengajukan banding terkait keputusan LFP tersebut.

"Olympique Lyon sudah memberikan solusi kepada liga hari Selasa kemarin, sehingga kompetisi bisa diselesaikan secara adil untuk persaingan yang lebih sehat dan sesuai dengan keinginan UEFA terkait obyektivitas, transparansi, dan tanpa diskriminasi," bunyi pernyataan resmi klub.

"Terkait keputusan LFP yang mendeklarasikan juara Liga Prancis hari ini, Olympique Lyon berhak untuk banding atas keputusan ini dan mengklaim ganti rugi karena hilangnya kesempatan untuk bersaing di kompetisi yang tengah berlangsung. Apalagi klub sudah merugi beberapa puluh juta euro karenanya."

Lyon menganggap LFP terlalu cepat mengambil keputusan untuk menyudahi kompetisi. Mereka beralasan pertandingan berpeluang digelar kembali pada Agustus mendatang.

"Pemerintah sebenarnya tidak dalam posisi memaksa agar Ligue dan Ligue 2 segera dihentikan. Menteri Olahraga Roxana Maracienanu sebelumnya bahkan menyebut liga bisa saja dimainkan di bulan Agustus jika kondisi kesehatan memungkinkan," sambung pernyataan tersebut.

Lyon merupakan salah satu klub langganan tampil di Liga Champions. Musim ini mereka bahkan masih melaju hingga babak 16 besar sebelum kompetisi tersebut ditangguhkan.

Olympique Lyon Ligue 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan