Ong Kim Swee Puji Mentalitas Timnas Indonesia, Harus Ditiru Malaysia

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 03 Januari 2022
Ong Kim Swee Puji Mentalitas Timnas Indonesia, Harus Ditiru Malaysia
Leg kedua Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Vs Thailand. (AFF Suzuki Cup)

BolaSkor.com - Mantan pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee memuji mentalitas yang ditunjukkan skuat Garuda di Piala AFF 2020. Pujian disampaikan meski Timnas Indonesia kembali gagal menjadi juara.

Indonesia harus puas menjadi runner-up untuk keenam kalinya setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand di partai final. Indonesia kalah 0-4 di leg pertama, sebelum berupaya bangkit dan bermain 2-2 dengan Thailand di leg kedua.

"Meskipun kekalahan menunjukkan Indonesia jauh dari Thailand, kami harus memberi mereka pujian karena menunjukkan semangat juang yang luar biasa sepanjang turnamen," kata Ong Kim Swee dikutip dari New Straits Times.

Baca Juga:

Jumlah Pengikut Jadi Perhatian Media Korsel, Shin Tae-yong Beri Tanggapan

Hasil Tes PCR Pemain hingga Ofisial Timnas Indonesia Negatif

Indonesia memastikan lolos ke semifinal dengan status sebagai juara grup. Anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Kamboja (4-2), Laos (5-1), sebelum membuat Vietnam frustrasi dan mengakhiri laga dengan skor 0-0. Adapun di laga terakhir skuat Indonesia dengan rataan usia 23,7 melibas Malaysia 4-1.

Sedangkan di semifinal, Asnawi Mangkualam dkk. mengalahkan tuan rumah Singapura dengan agregat 5-3 untuk melaju ke final.

"Mereka lapar untuk mencapai sesuatu di Singapura."

"Tetapi, berjuang keras bukan berarti selalu meraih kemenangan. Bakat juga dibutuhkan, tetapi kami harus memberi mereka pujian, bahkan saat melawan Malaysia mencetak (banyak) gol dan terus (berusaha mencetak gol lagi)."

Kim Swee yang pernah memimpin Malaysia menaklukkan Indonesia di final SEA Games 2011 itu menilai bahwa Timnas Malaysia harus bisa meniru. Bagi Ong Kim Swee kualitas tak cukup bagi Harimau Malaya.

"Mentalitas pemain Indonesia adalah sesuatu yang harus diadopsi oleh pesepakbola Malaysia. Tim memiliki kualitas tetapi tidak mentalitasnya," sambung pelatih yang kini menangani Sabah FC itu.

Timnas Indonesia Ong kim swee Malaysia Piala aff Piala AFF 2020
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan