BolaSkor.com - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono memiliki rasa optimistis yang tinggi Liga 1 2021 bisa digulirkan. Terbukti, penyelenggaraan kompetisi kasta tertinggi di tanah air itu sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Sesuai dengan pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bahwa orang nomor satu di Indonesia itu memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021. Sebab penyelenggaraan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Bahkan, para suporter masing-masing tim peserta sangat patuh menjalani aturan yang diberlakukan. Seperti tidak mendatangi Stadion dan tidak menggelar nonton bareng alias nobar guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Baca Juga:

Stadion GBLA Segera Dilelang, Persib Tegaskan Siap Kelola

Bhayangkara Solo FC Butuh Dua Pemain Lagi untuk Liga 1

Imbasnya, Jokowi meminta agar penyelenggaraan Liga 1 dipersiapkan dengan baik. Termasuk juga dengan penyelenggaraan Liga kasta kedua bertajuk Liga 2.

Dengan alasan itu, Teddy Tjahjono memiliki rasa optimistis yang tinggi Liga 1 2021 bisa digulirkan. Bahkan bisa digelar sesuai dengan rencana yang telah disusun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

"Kami sangat optimistis Liga 1 bisa jalan," ungkap Teddy Tjahjono saat dihubungi, Kamis (15/4).

Terkait mengenai peluang adanya penonton di Liga 1 2021, pria berkacamata ini enggan berandai-andai. Yang terpenting baginya, kompetisi bisa digulirkan sesuai rencana.

"Yang penting Liga jalan dulu, apabila ada penonton, Alhamdulilah. Tapi prokes tetap harus ketat," tegasnya.

PT LIB memang belakangan mendapatkan lampu hijau untuk menggelar kompetisi dengan adanya pentonton. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Muhadjir yang menyaksikan pertandingan secara langsung Piala Menpora 2021 mengaku, cukup senang dengan protokol kesehatan yang diterapkan pada gelaran tersebut. Bahkan Muhadjir meminta proposal kepada PSSI agar kompetisi digelar menggunakan penonton.

Namun tetap ada pembatasan penonton yang hadir ke stadion. Presentasenya bisa dibilang hanya 30 persen dari kapasitas stadion.

“Kami sedang menghitung-hitung kemungkinan itu (soal Liga 1 dengan penonton). Kami pun terus berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan. Yang perwakilannya selalu hadir di setiap laga Piala Menpora, dan mereka juga ikut mengkajinya,” kata Hadian saat dihubungi oleh BolaSkor.com, Rabu (14/4).

“Jadi kami mesti membuat berbagai skenario dan memprediksi dampaknya, tanpa atau dengan penonton di Liga 1 dan Liga 2 2021."

"Tentu akan ada protokol kesehatan khusus jika ada penonton. Namun, sementara, rencana utama untuk liga tetap tanpa penonton karena belum semua masyarakat divaksin,” tambah pria lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut.

Piala Menpora 2021 digelar tanpa adanya penonton yang hadir dalam stadion. Bahkan PSSI dan PT LIB membatasi orang yang ada di stadion yang seluruhnya hanya berjumlah 300 orang saja. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)