Oriundi Akan Semakin Bertambah Banyak dalam Skuad Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 28 Maret 2023
Oriundi Akan Semakin Bertambah Banyak dalam Skuad Italia
Mateo Retegui, oriundi terbaru Italia (Twitter)

BolaSkor.com - Oriundi sudah menjadi bagian dalam sejarah yang tak pernah lepas dari timnas Italia. Oriundi merupakan istilah untuk pemain atau orang yang memiliki garis keturunan Italia, tetapi besar atau lahir di luar Italia.

Saat ini pemain itu seperti Jorginho dan di masa lalu ada Emerson Palmieri, Thiago Motta, dan Mauro Camoranesi. Saat ini pun Italia besutan Roberto Mancini punya oriundi yang namanya tengah naik daun: Mateo Retegui.

Sudah dua gol dicetaknya pada dua laga pertamanya dengan Italia di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Retegui tak dapat berbahasa Italia dan bahkan tak bermain di Italia saat ini, ia membela klub Argentina Boca Juniors dan baru berusia 23 tahun.

Baca juga:

Inter Milan Semakin Jatuh Hati dengan Mateo Retegui

Inter dan Milan Saling Sikut Rebutan Striker Masa Depan Italia, Mateo Retegui

Profil Mateo Retegui: Attaccante Separuh Albiceleste

"Retegui tahu bagaimana memasukkan bola ke gawang dan itu bukan apa-apa," ucap Roberto Mancini mengenai Retegui, dikutip dari Football-Italia.

"Itulah yang kami lihat ketika kami mengintai dia. Dia masih butuh waktu, dia harus mengenal sepak bola Eropa, tapi dia tahu bagaimana mencetak gol dan itu adalah kualitas yang penting."

"Dia mencoba, itu sudah bagus. Memiliki Retegui di Serie A akan membuatnya lebih kuat, membantunya mempelajari bahasa dan akibatnya berdialog lebih baik dengan rekan satu timnya di lapangan."

Mancini pun menuturkan apabila oriundi seperti Retegui akan semakin banyak di skuad Italia. Mancini mengakui saat ini regenerasi pemain lokal Italia tidak sekuat di masa lalu hingga harus mengandalkan oriundi.

"Ya, itu kemungkinan (memanggil oriundi ke Italia). Kami memiliki persentase minimal orang Italia yang bermain reguler di Serie A. Jika Anda melihat negara lain, mereka semua melakukannya. Swiss memiliki 15 dari 20 pemain yang merupakan Oriundi. Begitu juga Belgia, Prancis, Jerman, dan Inggris semuanya melihat ke Oriundi," tambah Mancini.

"Sampai beberapa tahun lalu, kami memiliki banyak pemain kuat dan tidak perlu melakukannya. Yang lain melakukannya, sering mengambil pemain yang telah kami bantu untuk berkembang dan menjadi dewasa, jadi sekarang kami akan beradaptasi dan melakukan hal yang sama."

Italia Timnas Italia Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan