Otavio Dutra Nilai Kompetisi di Indonesia Sudah Sangat Berkembang

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 24 April 2020
Otavio Dutra Nilai Kompetisi di Indonesia Sudah Sangat Berkembang
Otavio Dutra. (Media Persija)

BolaSkor.com - Sudah hampir 10 tahun Otavio Dutra berkarier di Indonesia. Enam tim sudah pernah dibelanya, tiga diantaranya berhasil menjadi juara. Selama berkarier, Dutra melihat banyak perkembangan yang positif dalam sepak bola Indonesia.

Hal tersebut ia lihat dari persaingan di kompetisi yang setiap tahun semakin ketat. Selain itu, sepak bola Indonesia sudah mulai dilihat oleh banyak orang, bahkan ada beberapa pemain kelas dunia yang pernah singgah bermain.

Tahun 2018, Michael Essien pernah bermain untuk Persib Bandung. Selain itu ada nama Peter Odemwingie yang pernah bermain untuk Madura United. Ada juga Mohamed Sissoko yang sempat memperkuat Mitra Kukar.

Baca Juga:

Tips Otavio Dutra agar Tetap Konsisten, Cintai Sepak Bola dan Keluarga

Ismed Sofyan Masih Ingin Bermain meski Memasuki Umur 41 Tahun

Tahun ini ada nama Marco Motta, mantan pemain Juventus dan timnas Italia yang bermain untuk Persija Jakarta. Otavio Dutra merasa senang, pasalnya kompetisi sepak bola di Indonesia kini bisa bersaing dengan kompetisi lainnya.

"Jujur, menurut saya sudah ada perkembangan sangat bagus, di dalam liga sendiri bisa lihat setiap tahun kompetisi lebih ketat. Banyak pemain dari luar negeri mau datang ke Indonesia karena sudah tahu di sini kompetisi sangat bagus," kata Dutra saat dihubungi oleh BolaSkor.com.

Akan tetapi, Dutra melihat masih ada yang perlu diperbaiki dari sepak bola di Indonesia. Ia membandingkannya dengan sepak bola Brasil dan melihat infrastruktur yang ada di Indonesia perlu peningkatan.

"Perbedaan yang paling terlihat adalah infrastruktur termasuk lapangan. Lebih bagus di Brasil dibandingkan dengan di sini, selain itu kualitas wasit lebih bagus di sana," kata Dutra.

"Tapi seperti yang tadi saya bilang, dari 2010 ketika saya datang di Indonesia sampai tahun 2020 ini sudah jelas kualitas jauh lebih bagus daripada dulu dan saya berharap semoga setiap tahun liga bisa lebih bagus lagi," pungkasnya.

Persija jakarta Liga 1 Otavio dutra
Posts

4.871

Bagikan