BolaSkor.com - Ousmane Dembele telah memasuki tahun ketiga memperkuat Barcelona sejak pergi meninggalkan Borussia Dortmund. Dembele diboyong sebesar 105 juta euro plus variabel 42 juta euro, punya klausul pembelian 400 juta euro. Namun apakah harga itu sejauh ini sebanding dengan kontribusinya?

Apabila menilik statistik yang dimunculkan Sport-English kontribusi Dembele ke Barcelona belum maksimal akibat cedera. Dembele bermain hanya 4.150 menit pertandingan sejak tiba dari 16.200 pertandingan Barcelona.

Itu artinya Dembele hanya bermain sebanyak 25,62 persen menit pertandingan, sebagian besar dia tidak bermain dengan Barcelona karena cedera kambuhan yang memakan waktu pemulihan panjang. Usianya masih muda - 23 tahun - namun potensinya tak maksimal karena cedera.

Baca Juga:

Edinson Cavani Jadi Penyebab Manchester United Batal Boyong Ousmane Dembele

Rangkuman Transfer Lengkap LaLiga 2020-2021

Ansu Fati Jadi Penyelamat Barcelona di Bursa Transfer

Ousmane Dembele

Sementara itu pada catatan menit tersedia baginya untuk bermain ada pada angka 53 persen dari 7.830 menit, dari segi jumlah laga Dembele telah bermain 75 kali dari 173 laga dengan Barcelona sejak 2017 - total 43,3 persen.

Detailnya adalah 52 laga LaLiga (12 gol), 15 laga Liga Champions (empat gol), tujuh laga di Copa del Rey (dua gol), dan satu di Piala Super Spanyol (satu gol). Dembele mencetak 18 gol dari 75 laga, rata-rata satu gol dari empat laga.

Musim terbaiknya di Barcelona terjadi pada musim 2018-2019 ketika ia mencetak 14 gol. Musim ini Dembele baru bermain 20 menit dan tidak mencetak gol. Kontraknya masih bertahan hingga Juni 2022 bersama Barcelona.

Dibeli mahal kontribusi tidak maksimal karena cedera, wajar jika Barcelona ingin melepasnya permanen. Pada deadline bursa transfer mereka nyaris melepasnya ke Manchester United, namun United hanya ingin meminjamnya dengan opsi beli alias tak wajib membelinya permanen di akhir kontrak, alhasil Barca urung menjualnya.

Dembele penyerang sayap asal Prancis yang bertalenta dan usianya masih relatif muda, akan tapi rekor cederanya tidak bagus. Klub mana pun yang merekrut Dembele di masa depan bak bertaruh jika membelinya.