Pagar Pembatas Tribun Utara JIS Roboh, Anies dan Jakpro Beri Penjelasan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 25 Juli 2022
Pagar Pembatas Tribun Utara JIS Roboh, Anies dan Jakpro Beri Penjelasan
Tribun Utara Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang ditempati The Jakmania. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkomentar soal insiden robohnya pagar besi pembatas antara tribun dan lapangan utama Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Insiden itu terjadi saat suporter sedang menyaksikan konser yang merupakan bagian dari kegiatan Grand Launching JIS, Minggu (24/7). Lokasi tepatnya berada di tribun utara yang ditempati para pendukung Persija Jakarta.

Pagar besi pembatas itu ambruk sebelum laga antara Persija dan Chonburi FC dimulai. Beberapa suporter pun langsung membantu petugas dalam mendirikan lagi pagar tersebut.

"Soal pagar pembatas roboh, saya rasa tadi semangatnya (suporter) luar biasa tinggi dan ini adalah kali pertama JIS digunakan," kata Anies Baswedan.

"Jadi ini semua bagian dari proses belajar. Proses belajar itu akan ketemu segala macam tantangan.
Ini adalah bagian alami kita tumbuh bersama, digunakan lalu ada feedback, perbaikan, lalu Insyaallah nanti akan terpenuhi semua kebutuhannya," ujar Anies menambahkan.

Baca Juga:

Anies Baswedan Resmi Serahkan JIS pada The Jakmania

Persija Imbang 3-3 Kontra Chonburi FC dalam Grand Launching JIS

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo atau Jakpro selaku pengelola JIS, Widi Amanasto, menyebut bahwa insiden tersebut akan jadi pelajaran untuk pihaknya. Dia memastikan bakal memeriksa kembali kekuatan struktur bangunan di bagian tersebut.

"Kami akan cek lagi semuanya sekaligus merupakan suatu yang harus kita evaluasi lagi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, berharap kejadian robohnya pagar pembatas tribun tersebut jadi bahan evaluasi semua pihak, mulai dari pengelola stadion dan juga suporter. Dia mengatakan The Jakmania baru pertama kali menyaksikan Persija tampil di JIS sehingga antusiasmenya menjadi luar biasa.

"Ini pertama kali kami ke sini, nonton di sini, mencoba JIS. Artinya ini banyak yang harus disiapkan. Kalau di tempat lain kan sudah ada steger untuk capo (berdiri), untuk bernyanyi. Nah kalau ini kan belum, jadi ini memang momen kita belajar," tutur Diky.

Diky menjelaskan bahwa para suporter memiliki semangat yang berbeda dengan penonton biasa saat menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Dia berharap ini jadi catatan Jakpro ke depannya.

"Suporter bisa 100 kali lipat energinya lebih besar untuk loncat dan lain sebagainya. Jadi saya berharap ini jadi pembelajaran yang bagus bahwa semua harus dites lagi," ujar mantan Sekretaris Umum (Sekum) The Jakmania tersebut.

Persija jakarta Jakarta International Stadium Anies Baswedan The jakmania Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan