Pakar Analisis Bahasa Tubuh Cristiano Ronaldo di Derby Manchester

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 04 Oktober 2022
Pakar Analisis Bahasa Tubuh Cristiano Ronaldo di Derby Manchester
Casemiro dan Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Pada Derby Manchester yang baru-baru ini berlangsung di Etihad Stadium, antara Manchester City kontra Manchester United, megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo hanya menonton pertandingan di bangku cadangan.

Laga sekaliber Derby Manchester seyogyanya jadi panggung bagi pemain sebesarnya untuk tampil bermain, tetapi Erik ten Hag memiliki alasannya tersendiri tak memainkan Ronaldo bahkan di saat Man United sudah tertinggal jauh dari rival sekota.

"Saya tidak akan membawanya (Ronaldo) masuk (bermain) untuk menghormati Cristiano dan untuk karier besarnya. Hal lain adalah keuntungannya, saya bisa memainkan Anthony Martial saat dia membutuhkan menit bermain, tetapi saya tidak ingin menunjukkannya seperti itu," ucap Ten Hag beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United

Erik ten Hag Ungkap Alasan Tak Mainkan Cristiano Ronaldo di Derby Manchester

Man City 6-3 Man United: Manchester Berwarna Biru, Red Devils Melongo

Alhasil, pemain berusia 37 tahun hanya menonton dua pemain Man City, Erling Haaland dan Phil Foden, mengobrak-abrik pertahanan Man United dengan torehan hat-trick gol yang mereka catatkan pada kemenangan 6-3 tersebut.

Kamera beberapa kali menangkap ekspresi dan gestur yang diperlihatkan Ronaldo di bangku cadangan Man United. Tidak ada yang tahu persis apa yang dipikirannya, namun Darren Stanton selaku pakar bahasa tubuh berbicara kepada Mirror, berusaha menerjemahkan arti dari bahasa tubuh Ronaldo.

"Ekspresi mikro adalah kilatan yang sangat cepat yang dibuat wajah pada tingkat bawah sadar yang mengungkapkan emosi internal seseorang yang sebenarnya dan hanya terlihat kurang dari satu detik, jika Anda tahu apa yang harus dicari, itu sangat terlihat," jelas Darren.

"Ketika kita melihat rekaman Ronaldo, dia membuat senyum satu sisi sehingga sisi kiri wajah dan pipinya mengerut. Ini adalah emosi penghinaan sehingga dia tidak memiliki apa-apa selain penghinaan, sedikit kemarahan, frustrasi dan ketidaksabaran atas apa yang terjadi di lapangan, saat dia berada di bangku cadangan, jelas dia tidak senang karena dia tidak bermain dan merasa sangat putus asa."

Ronaldo, yang duduk dengan Casemiro, juga menutup wajah dengan kedua tangannya dan itu semakin mempertegas rasa frustrasinya atas kekalahan Man United. Apalagi ia tak bisa membantu banyak dengan hanya duduk di bangku cadangan.

"Ronaldo juga meletakkan kepalanya di tangannya yang merupakan tanda klasik dari frustrasi. Ini juga merupakan isyarat kepercayaan diri yang menunjukkan peningkatan tingkat frustrasi dan ketidaksabaran yang tumbuh dalam dirinya," tambah Darren.

“Saya pikir Ronaldo berpikir ada semacam agenda potensial mengapa dia terus ditempatkan di bangku cadangan dan tidak di lapangan pada saat-saat penting."

"Jadi secara keseluruhan, Ronaldo bukan pemain yang bahagia dan saya memperkirakan ini akan terjadi di banyak pertandingan musim ini. Ronaldo semakin tampak sangat tidak sabar, frustrasi, dan marah dalam beberapa bulan terakhir."

Cristiano Ronaldo Ronaldo Manchester United Derby Manchester Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan