BolaSkor.com - Suasana haru menyelimuti sesi konferensi pers Lee Chong Wei yang berlangsung di Putrajaya, Malaysia, Kamis (13/6). Tunggal putra terbaik Negeri Jiran itu memberi kabar kurang menyenangkan dengan memutuskan gantung raket.

Sambil meneteskan air mata, Lee Chong Wei menjelaskan alasan di balik keputusannya pensiun. Kondisi kesehatan menjadi faktor utama.

Lee Chong Wei sempat mengalami kanker hidung pada 2018. Namun, peraih tiga medali perak Olimpiade itu berhasil sembuh setelah melakukan operasi.

Lee Chong Wei dinyatakan mengidap kanker hidung pada September 2018. Ia kemudian menjalani perawatan intensif di Taiwan dan melakukan operasi pada November 2018.

Baca Juga:

Sikap Terpuji Jonatan di Australia Open 2019 Tuai Pujian

Jonatan dan Anthony, Teman Sekamar, tetapi Rival di Lapangan

Mantan tunggal putra nomor satu dunia itu bahkan sempat memberi isyarat bakal kembali tampil pada kejuaraan resmi. Namun, kondisi kesehatan Lee Chong Wei tak memungkinkan hal tersebut.

"Keputusan saya untuk pensiun adalah keputusan yang berat," kata Lee Chong Wei.

"Saya sangat menyukai olahraga ini. Tetapi ini adalah olahraga yang menuntut kondisi fisik prima," sambungnya.

Padahal sebelum memutuskan pensiun, Lee Chong Wei masih optmistis bisa tampil pada Olimpiade Tokyo 2020. Ajang empat tahunan tersebut masih menyimpan rasa penasaran untuk Lee Chong Wei.

"Saya cinta bulu tangkis. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik dan akan segera kembali ke lapangan. Saya pikir lolos ke Olimpade 2020 Tokyo bukanlah sebuah masalah buat saya," ujar Lee Chong Wei saat baru sembuh dari kanker hidung.