Panaskan El Clasico, Carlo Ancelotti Singgung Filosofi Sepak Bola Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 16 Oktober 2022
Panaskan El Clasico, Carlo Ancelotti Singgung Filosofi Sepak Bola Barcelona
Xavi dan Carlo Ancelotti (Twitter)

BolaSkor.com - El Clasico akan terjadi di pekan sembilan LaLiga yang akan dimainkan di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, melawan Barcelona pada Minggu (16/10) pukul 21.15 WIB. Itu akan jadi El Clasico edisi ke-185.

Pertemuan kedua tim cukup ketat dengan catatan 76 kemenangan untuk Los Blancos, 73 kemenangan untuk Blaugrana, dan 35 laga lainnya berakhir imbang. Pada pertemuan terakhir kedua klub juga Barcelona melumat Madrid dengan skor 4-0 di Santiago Bernabeu.

Performa dua tim juga berbeda saat ini di mana Barcelona belum konsisten bermain di seluruh kompetisi, sementara Madrid yang berstatus juara bertahan LaLiga dan Liga Champions bermain konsisten dengan pengalaman yang mereka miliki.

Duel Barcelona dan Real Madrid juga mengartikan adu taktik bak dua kutub berbeda. Barcelona sudah terkenal dengan filosofi sepak bola ofensif dengan pengembangan dari total football Belanda yang sudah ditanamkan sejak La Masia.

Baca Juga:

Sanchez Martinez, Wasit Terbaik untuk Pimpin El Clasico

Real Madrid Vs Barcelona: Membedah Kekuatan Setiap Lini

Prediksi Hasil El Clasico, Luis Milla Unggulkan Real Madrid

Sementara Madrid lebih adaptif dalam bermain: dapat bertahan dan mengandalkan serangan balik atau menguasai permainan untuk mendominasi lawan. Menilik perbedaan gaya main itu Carlo Ancelotti angkat bicara.

Pelatih Madrid asal Italia itu respek kepada filosofi sepak bola Barcelona, tetapi menurutnya hal tersebut seharusnya tidak terlalu kaku diterapkan karena komposisi pemain dalam skuad yang berbeda-beda. Tak ayal Ancelotti lebih memilih untuk fleksibel jika berbicara soal taktik dan gaya main.

"Sejarah Barca jelas untuk dilihat semua orang, mereka memiliki gaya bermain yang disukai pendukung dan klub mereka. Saya punya rasa hormat untuk itu. Ini adalah filosofi sepak bola yang telah membawa mereka sukses dan mereka terus menikmati kesuksesan," terang Ancelotti di laman resmi Madrid.

"Klub lain memiliki gaya bermain mereka sendiri. Saya percaya bahwa memiliki gaya bermain tunggal bukanlah ide terbaik karena para pemain terkadang berubah. Yang terpenting adalah tim memiliki pemain yang nyaman dengan gaya bermain yang dianut."

Ancelotti juga menegaskan kesiapan timnya memainkan El Clasico yang spesial. Dia berharap Madrid bermain kolektif saat bertahan maupun menyerang.

“Kami menghadapi tim yang tampil dengan standar yang sangat tinggi dan jika kami ingin memenangkannya, kami harus menyerang dan bertahan dengan baik. Anda harus melihat karakteristik kedua tim," imbuh Ancelotti.

"Memang benar bahwa mereka biasanya memulai pertandingan dengan sangat baik dan kuat di babak pertama, sementara kami menghasilkan yang terbaik di babak kedua. Saya tidak yakin apakah itu akan memengaruhi permainan, tetapi itu adalah sesuatu yang kami pertimbangkan," pungkasnya.

Barcelona FC Barcelona Real Madrid Madrid El clasico LaLiga Carlo Ancelotti
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan